Pantai Gesing Gunungkidul

Pantai Gesing (Foto: dok. teraswarta)

Salah satu pantai yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi di kabupaten Gunungkdiul adalah pantai Gesing yang berada di Desa Gilikarto. Untuk sampai ke Pantai Gesing, jaln yang tersedia saat ini tergolong baik dengan lebar jalan kurang lebih 4 meter dengan kondisi yang mulus karena telah diaspal. Jarak jalan menuju Pantai Gesing dengan Jalan provinsi dan jalan kabupaten adalah sejauh 7 km.

Salah satu objek wisata pantai dengan tipologi land erosion coast. Tipologi land erosion coast sendiri adalah pesisir yang berkembang di bawah pengaruh erosi lahan-lahan bawah di daratan yang diikuti oleh proses inundasi oleh laut. Proses erosi oleh gelombang laut pada Pantai Gesing ini kemudian membentuk sebuah gisik pantai berbentuk saku yang sangat luas. Tipologi pesisir sekunder Gesing adalah wave erosion coast yaitu pesisir dengan garis pesisir yang terbentuk akibat aktivitas gelombang yang mungkin berpola lurus atau tidak teratur.

Pantai Gesing dengan kondisi fisik Pantai dengan topografi kasar dan lereng terjal di sekitar pantai, pengaruh gelombang air laut pada kenampakan Pantai Gesing membentuk gisik pantai dengan banyak batuan karst besar hasil yang diakibatkan oleh adanya abrasi gelombang air laut. Kondisi gisik pantai yang dilindungi tebing terjal di bagian kanan kirinya menyebabkan air pada teluk gisik pantai cenderung tenang sehingga bisa dimanfaatkan untuk nelayan mendarat.

Pantai Gesing juga memiliki ciri lain berupa karakterisitik fisik tanpa ditemukannya kawasan mangrove, dan estuari. Material yang terbentuk pada Pantai Gesing berupa material lepas lepas berupa pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan akibat campuran pecahan karang dan batuan karst serta gabungan dari material daratan yang dibawa oleh sungai.

Potensi menarik yang kemudian dihasilkan oleh pantai ini adalah berupa pemandangan pantai yang berupa gisik dan tebing terjal, deburan ombak pada karang-karang batu, adanya pemandangan matahari terbit dan tenggelam, serta bisa juga dimanfaatkan oleh para wisatawan yang hobi memancing. Sebuah potensi wisata  yang cukup lengkap sebagai salah satu tujuan berwisata Anda dan keluarga untuk sekedar melihat keindahan alamnya serta bermain pasir.

Jumlah wisatawan yang mengunjungi pantai Gesing cukup meningkat dari waktu kewaktu yang sementara ini masih datang dari wisatawan lokal dan masih sangat sedikit wisatawan asing yang berkunjung di tempat ini.

Untuk saran dan prasarana pendukung seperti ketersediaan toilet tergolong cukup baik, selian Anda dan keluarga juga tidak perlu khawatir menyoal kebutuhan parkir lantaran telah tersedia dengan kelebihan dan kekurangan namun cukup memadai untuk dimanfaatkan.  Warung kuliner juga telah tersedia untuk bisa Anda dan keluarga nikmati sajian yang disediakan diwarung ini mulai dari minuman, jajanan sampai dengan kuliner khas lautnya. Pantai Gesing sendiri juga telah menyediakan tim SAR dilingkungan terdekatnya untuk memastikan keamanan dan keyamanan wisatawan sehingga hal ini tentu akan membuat semakin nyaman dan aman saat Anda berwisata meski tentu kehati-hatian Anda sendiri adalah kunci utama.