Pantai Watu Ceking Gunungkidul

Pantai Watu Ceking Gunungkdil

Pantai Watu Ceking Gunungkdil

Pantai Watuceking terletak di Sorbanyu, Girisubo, Kecamatan Gunungkidul. Tipologi pesisir primer Pantai Watuceking termasuk ke dalam tipologi pesisir structurally shaped coast karena batuan yang ada di Pantai Watuceking berupa batuan dari lipatan, patahan, atau proses intrusi batuan sedimen, seperti kubah garam, atau kubah lumpur laut dangkal. Adanya batuan yang mengandung garam biasanya dicerminkan dengan warna putih pada batuan. Tipologi pesisir sekunder Pantai Watuceking berupa wave erosion coast. Proses tersebut merupakan proses dari garis pesisir yang terbentuk akibat aktivitas gelombang yang mungkin berpola lurus atau tidak teratur. Hal tersebut dapat diakibatkan karena abrasi laut atau pengikisan batuan oleh air laut. Untuk tipe Objek Destinasi Wisatanya Objek wisata Pantai Watuceking ini masih termasuk objek wisata yang tergolong embrio.

Keadaan pasir Pantai Watuceking yang putih tebtu menjadi salah satu nilai lebih yang menambah menambah keindahan pantai ini dengan ombaknya yang tenang. Dibatasi tebing-tebing karst yang tinggi dan ombak yang tenang Pantai Watuceking menjadi salah satu objek destinasi wisata yang baru di Pantai Gunungkidul. Selain dapat menikmati laut dengan pantai pasir putih yang halus, Pantai Watuceking dapat memfasilitasi wisatawan untuk sekedar rekreasi pantai, berenang, dan memancing.

Jalan menuju Pantai Watuceking tergolong belum cukup memadai jalannya dengan kondisi jalan berbatu dan cukup sempit. Lebar jalan untuk menuju pantai ini seukuran jalan setapak.. Dari segi amenitas atau sarana dan prasarana di Pantai Watuceking tergolong belum memadai. Belum ada sarana seperti toilet atau kamar mandi, ataupun tempat untuk kuliner, juga tersedianya tempat oleh-oleh sehingga apabila Anda akan berkunjung ke tempat ini ada baiknya membawa perbekalan sendiri.

Pantai Watu Ceking adalah salah satu alternatif baru lagi di antara banyak pilhan pantai yang bisa Anda kunjungi di Gunungkidul. Butuh tentu persiapan yang lebih sebelum pantai ini diupayakan menjadi pantai yang semakin layak menjadi jujugan wisatawan baik lokal maupun internasional.

Berbagai aktifitas tentu bisa Anda lakukan di sini selain menikmati pemandangan alam seperti semisal Anda ingin berkemah atau menikmati alam dengan hiking, dan lain sebagainya. namun, tentu saja selalu hati-hati dan meminta ijin kepada masyarakat atau pengelola yang ada tentu saja. Semoga menfaat dan menambah referensi Anda dalam mencari obyek-obyek wisata baru di Yogyakarta secara khusus di kabupaten Gunungkidul.

TW/Ed