Pantai Krokoh Gunungkidul

Pantai Krokoh Gunungkidul

Pantai Krokoh Gunungkidul

Pantai Krokoh merupakan sebuah tempat yang layak untuk dikembangkan saat ini. Salah satu pantai di Gunungkidul yang berada di daerah Songbanyu, Girisubo, Kecamatan Gunungkidul. Pantai dengan keindahan yang alami dengan pasir putih dan batuan andesit, pantai ini juga diapit oleh dua bukit kars meski pantai ini cukup tersembunyi tempatnya dibandingkan pantai yang ada di sekitarnya.

Letak pantai Krokoh berada di sebelah timur Pantai Sadeng. Tipologi primer dari Pantai Krokoh ini termasuk ke dalam tipologi Land Erosion Coast dan Structurally Shaped Coast, sedangkan untuk tipologi sekundernya termasuk ke dalam Wave Erosion Coast karena adanya pengikisan yang disebabkan oleh air laut. Hal ini dapat diketahui dengan melihat warna tebing pantai yang terkikis oleh air laut.

Pantai Krokoh, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan rekreasi pantai yaiu kegiatan berenang atau kegiatan lain seperti memancing. Akses untuk masuk ke Pantai Krokoh saat ini masih harus melewati jalan bebatuan yang mempunyai lebar sekitar 4 meter yang cukup jauh. Jarak tersebut dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit dari Pantai Sadeng dengan berjalan kaki. Jika terjadi hujan, jalan untuk akses ke pantai ini akan sangat licin untuk itu bagi pengunjung disarankan untuk berhati-hati.

Sarana dan prasarana di Pantai Krokoh masih dikelola oleh masyarakat sehingga untuk fasilitasnya memang belum memadai karena dilihat dari aksesnya pun masih belum mamadai. Sebuah obyek wisata baru yang memang butuh pembangunan sarana dan prasarana lebih untuk mendapat perhatian serta kunjungan wisatawan. Namun demikian bagi sahabat teras yang suka dengan obyek-obyek wisata baru terutama pantai atau wisata alam dengan tantangan hiking, pantai Krokoh bisa jadi salah satu alternatif pilihan untuk Anda.

tw/Ant