Pantai Jungwok, Keindahan Wisata Pantai Gunungkidul

Keindahan alam Pantai Jungwok

Keindahan alam Pantai Jungwok

Sahabat teraswarta, kali ini kita akan membahas sebuah pantai yang tidak terlalu baru di kabupaten Gunungkidul yang mulai mengalami penataan untuk menjadi salah satu obyek wisata yang bisa menjadi rekomendasi berpariwisata Anda bersama dengan teman, keluarga maupun rekan kerja.

Obyek wisata ini dikenal dengan sebutan pantai Jungwok. Pantai Jungwok terletak di desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Pantai ini berada pada posisi obyek wisata pantai paling timur di Kabupaten Gunungkidul, atau lebih mendekati Pantai Wedi Ombo di sebelah baratnya.

Pantai Jungwok memiliki karakteristik yang unik karena memiliki kekahasan berupa pantai kecil di bibir pantai. Pantai Jungwok memiliki tipologi pesisir primer berbentuk volcanic coast, yaitu bentuk tipologi pesisir karena terbentuk sebagai proses vulkanik di tengah laut. Untuk tipologi pesisir sekunder berbentuk coast built by oragnism yang mana pesisir dengan garis pesisir yang terebntuk karena adanya aktivitas organisme seperti hewan atau tumbuhan.

Akses menuju ke pantai jungwok sudah cukup memadai dengan luasan jalan yang tingkat sedang selebar kurang lebih 6 meter. Untuk fasilitas lain di Pantai Jungwok sudah tersedia toilet jongkok sejumlah 18 buah. Untuk warung dan toko asesoris sudah mencapai 12 buah dengan kondisi sedang. Area parkir Pantai Jungwok berjarak 100 meter dari pantai dengan ukuran 10x10m dengan kondisi yang sedang. Atraksi di pantai ini yaitu pengunjung disuguhkan dengan pantai pasir putih dan pemandangan pantai yang indah yang dapat dinikmati dari bangku pengunjung yang disediakan pengelola sehingga pantai ini sudah layak apabila menjadi objek destinasi wisata yang menjadi jujugan bagi banyak wisatawan yang secara langsung dikelola oleh desa.

Dalam keseharian. Pantai Jungwok ini dibuka kurang lebih 10 jam dengan rata-rata wisatawan menghabiskan wkatu disana sekitar 2 jam per hari untuk melakukan berbagai aktifitas di sini. Ada berbagai kawasan yang bisa Anda nikmati berupa keindahan alam, ombak serta hamparan pasir yang akan memanjakan kegiatan Wisata Anda.

Di sekitar pantai juga terdapat pohon-pohon pandan yang bisa Anda gunakan untuk berteduh, membentangkan tikar untuk sekedar bersantai menikmati keindahan alam pantai. Bagi Anda yang suka memancing pasiran juga memungkinkan untuk dilakukan meski tentu saja tantangannya adalah karang yang berada di luasan pantai di depan Anda.

Tersedianya beberapa warung kuliner akan semakin menyamankan wisata Anda karena Anda tidak perlu bersusah-susah mendapatkan menu makanan yang bisa Anda pilih untuk dinikmati. Sebuah pantai yang layak Anda kunjungi dalam rekreasi Anda.

TW/ Ant