Olah Raga Jalan Kaki

ilustrasi. Olah Raga Jalan Kaki

TERASWARTA – Saat ini rupa-rupanya kemajuan teknologi menjadikan orang semakin rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa muncul dari berbagai fasilitas yang serba mudah dan instan. Hal ini dapat kita rasakan dan lihat dari perbandingan masa demi masa usia bertahan hidup serta kekuatan tubuh kita saat ini dibanding dengan orang tua kita atau kakek nenek kita dulu, meski tentu saja ini belum tentu juga menjadi patokan utama.

Berbagai cara serta pola hidup sehat mulai dicari banyak orang yang memang saat ini menjadi penting karena aktifitas yang memang bisa dikatakn berbeda sama sekali dengan jaman orang tua atau kakek nenek kita di masa lalu. Dulu kesehatan bisa terjaga dengan olah raga yang tanpa sengaja terjadi dan berjalan oleh aktifitas bertani, jalan kaki, dan lain sebagainya. Hal ini juga terjadi oleh aktifitas pekerjaan yang rata-rata lebih banyak berada di kantor dengan aktifitas duduk atau minim pergerakan.

Kendaraan baik motor atau mobil saat ini juga mendominasi kehidupan masyarakat yang semakin memanjakan pola hidup sehingga untuk sekedar berjalan kaki dalam jarak dekat pun kita menjadi malas. Jalan kaki masih menjadi pilihan terakhir masyarakat kita. Ini berbeda dengan orang-orang jepang yang secara rutin berjalan kaki sebagai langkah untuk menjaga kesehatan mereka.

Berjalan kaki pada dasarnya merupakan aktivitas yang tidaklah rumit untuk dilakukan yang diketahui oleh khalayak umum bisa membantu dalam membakar kalori dan lemak dalam tubuh, namun saat ini memang ada pilihan olah raga lain seperti bersepeda, ikut gym, senam, dan banyak lagi lainnya.

  • Olah raga jalan kaki adalah aktivitas olah raga dengan tingkat resiko yang sangat sedikit dan tanpa efek samping apabila kita lakukan dengan pola-pola yang benar dan teratur dalam keseharian kita. Sebuah olah raga sederhana yang cukup istimewa manfaatnya.
  • Olah raga berjalan kaki adalah aktivitas yang tidak menuntut berbagai kebutuhan peralatan seperti olah raga yang lain. Anda cukup menggunakan alas kaki sepatu atau sendal, atau juga bisa tanpa alas kaki sama sekali.
  • Olah raga berjalan kaki dapat melatih Anda dalam pembentukan postur tubuh ideal. Hal ini karena berjalan kaki bisa melatih otot-otot kita untuk beradaptasi dengan bentuk fisik kita, mengurangi lemak dalam tubuh sehingga mencapai tubuh ideal. Ini mungkin lantaran olah raga satu ini dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan
  • Olah raga berjalan kaki dapat menambah kualitas kesehatan fisik kita dan membantu tubuh dalam menjaga dari berbagai penyakit tulang serta penyakit lainnya.
  • Olah raga berjalan kaki tidak memerlukan tempat khusus karena bisa dilakukan di mana saja asal memungkinkan. Bisa di trotoar, bisa dikebu, bisa dijalan kampung, bisa di ruangan sejauh Anda suka dan nyamann sebagai lokasi berjalan kaki Anda setiap hari.
  • Olah raga berjalan kaki juga bisa menjadi salah satu cara rekreatif karena kita bisa sambil menikmati alam sekitar kita beraktivitas, bisa menjalin komunikasi dengan orang yang kita temui. Membuat kegiatan yang bisa bersama-sama dilakuakn dengan kelompok atau tetangga kita dengan kombinasi antara jalan kaki dan rekreasi.

Sahabat teras, cukup mudah dan mungkin sekali kita lakukan kan? Dan, semoga artikel kesehatan kali ini mampu membawa manfaat bagi kita dan membawa hasil tubuh yang sehat untuk menambah kekuatan tubuh kita dalam bekerja dan beraktivitas lain.

TW/Ed