Mengetahui Gejala Stres atau Depresi

Ilustrasi. Mengetahu Gejala Stres atau Depresi

Ilustrasi. Mengetahu Gejala Stres atau Depresi

Sahabat teras, kali ini kita akan membahas beberapa ciri-ciri yang umunya muncul saat kita mengalami depresi atau stres. Depresi atau stress ini adalah salah satu hal yang acapkali tanpa kita sadar muncul saat kita terlalu capek, banyak pikiran serta beban hidup lain yang menumpuk dalam kehidupan kita.

Depresi atau stres merupakan sebuah masalah dari pikiran yang apabila dilihat secara lebih mendalam lagi masih berhubungan erat dengan kesehatan tubuh kita. Depresi atau stres ini bisa membawa dampak kurang baik utamanya  bagi kesehatan mental dan juga fisik, bahkan depresi berat beresiko memicu munculnya serangan jantung hingga serangan stroke. Namun demikian untuk mengatasi secara dini, sahabat teras bisa melakukan antisipasi dengan melihat gejala-gejala umum yang muncul seperti berikut ini :

  • Depresi atau stress biasanya disertai dengan munculnya perasaan cemas, sedih, tidak fokus dan kosong yang acapkali tidak dapat dikendalikan.
  • Munculnya rasa tidak berdaya yang muncul bersamaan dengan semakin menurunnya kemampuan untuk fokus dan membuat keputusan pada sebuah pekerjaan atau kegiatan yang sedang diemban.
  • Tidak dapat tidur nyenyak dan berkembangnya insomnia secara ekstrim yang mengakibatkan tubuh kehilangan banyak energi, yang memperlambat metabolisme dan tingkat kemampuan tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas.
  • Terjadi penurunan atau naiknya berat badan secara signifikan tanpa dapat kita ketahui sebabnya secara pasti. Hal, ini secara umum diketahui dipicu oleh meningkatnya nafsu makan atau justru sebaliknya tidak memiliki keinginan makan yang cukup baik.
  • Munculnya tanda-tanda emosi yang tidak stabil, menjadi mudah marah serta munculnya kegelisahan berlebihan yang berlanjut pada kecenderungan menyendiri.
  • Munculnya kepekaan tubuh pada rasa sakit yang artinya adalah menurunya kemampuan tubuh untuk bertahan terhadap munculnya sebuah penyakit.

sahabat teras, artikel diatas adalah gejala-gejala yang secara umum ada saat kita mengalami depresi atau stres. maka, dengan mengetahui keadaan ini kita bisa mencari solusi atau pencegahan lebih awal dengan berbagai cara serta metode konseling melalui ahlinya. semoga manfaat.

TW/ berbagai sumber