Memancing Lele

Ikan Lele

TERASWARTA- Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang bisa ditemukan dengan mudah mulai dari pasar tradisional sampai modern market. Hal ini karena budidaya ikan yang satu ini tidaklah sulit dibandingkan dengan jenis ikan lainya seperti nila, gurameh, atau ikan-ikan air tawar lain. Berbagai jenis lele juga dibudidayakan oleh banyak orang diberbagai daerah dihampir seluruh pelosok negeri kita ini.

Ikan yang memiliki kekhasan berupa sungut dan pathil serta tubuh yang tanpa sisik ini bagi sebagian orang dianggap sebagai jenis ikan yang bisa membahayakan apabila sudah menggunakan pathilnya untuk menyerang, lebih-lebih bila lele lokal yang melukai tubuh kita karena akan terasa perih dan nyeri untuk beberapa waktu lamanya.

Ikan  lele bisa bertahan hidup secara liar di rawa, sungai, danau dan tempat-tempat berair lain.  Dalam bahasa asing mereka menyebut ikan ini catfish yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah ikan kucing, karena mungkin kumis dari ikan ini mirip kumis pada kucing. Di negeri kita ikan satu ini memiliki sebutan yang berbeda-beda masing-masing seperti ikan sibakut di Karo, ikan kalang di Sumatera Barat, ikan cepi di Sulawesi Selatan, ikan pintet untuk Kalimantan Selatan, ikan penang untuk sebutan di Kalimantan Timur, ikan keling di Makassar, dan masih banyak lagi nama-nama yang lain.

  1. Bagi sahabat teras yang hobi memancing karena ikan satu ini bisa dengan memancing dikolam, di sungai, rawa dan tempat-tempat lain, dan ini beberapa cara untuk memancing ikan satu ini:
  2. Siapkan joran pancing,  mata kail berbagai ukuran, serta pelampung sebagai penanda umpan disambar atau tidak oleh ikan.
  3. Siapkan umpan dengan berbagai varian mulai dari cacing tanah, jangkerik, usus, atau jenis serangga lain, bahkan beberapa pemancing juga menggunakan anak katak untuk memancing ikan lele monster.
  4. Memancinglah pada sungai atau rawa setelah hujan sehingga air dalam keadaan keruh karena ikan lele ini saat air jernih kurang ganas memakan umpan kita. Lalu, pilih lokasi-lokasi yang agak tenang dan kemungkinan memiliki lubang-lubang untuk ikan lele ini bersarang.
  5. Ikan lele ini biasanya berada pada dasar air sehingga gunakan pelampung untuk mengukur kedalaman air dan umpan yang Anda gunakan memancing sehingga tidak terlalu mengambang atau sebaliknya terlalu mendasar sehingga umpan akan tertutup sampah di dasar sungai atau rawa.

Ikan lele umumnya sangat agresif ketika sduah makan umpan, langsung ditelan dan langsung dibawa lari sehingga, selalu waspadalah terhadap ikan satu ini, pegangi atau ikat joran Anda sehingga tidak terbawa lari oleh kekuatan ikan lele besar yang kebetulan memakan umpan Anda. Saat mengangkat juga gunakan alat atau berhati-hati agar tidak terkena pathilnya.

Sahabat teras, demikian semoga membawa manfaat dan selamat memancing.

TW/Dan