Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Buah Mangga Dengan Berbagai Manfaat

Buah Mangga Dengan Berbagai Manfaat

Buah Mangga tentu bukan hal yang baru bagi kita. Selain sebagai salah satu buah yang bisa didaptkan dengan mudah untuk dinikmati kesegarannya, rupanya buah ini memiliki barbagai manfaat yang bisa dimanfaatkan. Hal ini lantaran buah Mangga memiliki kandungan seperti Gula, Lemak, Protein, Serat alami, Zat besi, Kalsium, Vitamin C, dan masih banyak lagi.

Di bidang kesehatan buah yang satu ini memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Buah mangga memiliki Zat antioksidan zeaxanthin yang mampu menyaring sinar cahaya biru. Sinar cahaya biru ini yang diperkirakan akan memainkan peran protektif untuk kesehatan mata dan dimungkinkan mampu menangkal kerusakan degenerasi makula. Saat kita mengkonsumsi buah Mangga ini dalam porsi yang cukup dalam sehari, maka asupan buah-buahan yang tinggi akan menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.
  • Buah Mangga juga memiliki sejumlah  manfaat seperti pada jambu biji berupa kandungan  vitamin C tingkat tinggi, pektin dan serat yang sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah Mangga segar merupakan salah satu buah yang memiliki sumber kalium yang tinggi. Dan, Kalium ini merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh.
  • Buah Mangga mempunyai indeks glikemik rendah (41-60) sehingga apabila kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang agak banyak,  tidak akan meningkatkan kadar gula. Bagi Anda orang yang menderita diabetes juga bisa memanfaatkan daunya sebagai obat. Caranya adalah dengan merebus 5-6 daun mangga lalu rendam sepanjang malam dan minum rebusan airnya setelah disaring pada keesokan harinya. Ini bisa terjadi karena ramuan membantu dalam mengatur kadar insulin.

Itulah beberapa manfaat buah Mangga untuk kesehatan Anda. Tentu masih ada banyak lagi manfaat lain untuk kesehatan kita melalui kandungan positif pada buah Mangga ini. Semoga bermanfaat dan mari jaga kesehatan kita untuk kualitas hidup yang lebih baik.

TW/Ed