Gua Maria Selintang Kulon Progo

Gereja di Kawasan Gua Maria Selintang

Gereja di Kawasan Gua Maria Selintang

Wisata Religius saat ini juga menjadi salah satu obyek yang banyak dicari selain obyek wisata alam dan lainnya untuk jujugan berekreasi bersama keluarga, teman atau kelompok dan komunitas. Wisata religius menjadi salah satu pilihan yang juga dicari wisatawan dalam keluangan waktu antara pekerjaan serta aktifitas lain.

Bagi Anda umat kristiani, berikut ini adalah salah satu pilihan wisata religi di kabupaten Kulon Progo yang masih baru. Adalah Gua Maria Selintang yang terletak di Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Gua Maria Selintang masih berupa embrio atau bakal calon lokasi yang akan dijadikan sebagai Objek Daya Tarik Wisata. Gua Maria Selintang terletak di bentangan alam yang berupa dataran tinggi dan kawasan wisata ini difungsikan sebagai pariwisata bernuansa religi yang dikelola oleh pemerintah desa setempat.

Berdasarkan data dari hasil observasi, wisatawan yang datang saat memiliki tujuan satu untuk beribadah. Sehingga, jenis wisatawannya tergolong tentatif, belum bisa dipastikan jumlah wisatawannya berapa tiap harinya meningat memang masih sangat baru keberadaannya.

Wisatawan  yang berkunjung ke Gua Maria Selintang pada saat ini masih ada saat momen-momen tertentu saja seperti di bulan rosario atau bulan Maria. Selain itu berdasarkan hasil observasi juga didapat bahwa wisatawan yang datang berasal dari domestik dan mancanegara. Tujuan semua wisatawan yang datang ke Gua Maria Selintang adalah untuk beribadah selain melanjutkan berkunjung ke obyek wisata terdekat seperti Waduk Sermo atau pantai Glagah.

Aksesibilitas untuk menuju Gua Maria Selintang masuk ke dalam kategori sedang dengan lebar jalan selebar 4 meter. Jarak dari Gua Maria Selintang dengan jalan provinsi sejauh 7 km. Jarak dari Gua Maria Selintang terhadap jalan kabupaten sejauh 5 km.

Amenitas yang terdapat di Gua Maria Selintang adalah toilet umum dan ketersediaan lahan parkir. Kondisi toilet tergolong sedang dan berjumlah 6 bilik yang berada dikawasan Gereja dan sekolah yang berada di kawasan obyek wisata religi selintang. Kondisi lahan parkir tergolong sedang dengan luas parkir 10×10 m². Jarak kantung parkir dengan objek wisata sejauh 100 meter.

Untuk kebutuhan Kuliner dan lainnya Gua Selintang saat ini memang masih belum sepenuhnya tersedia sehingga Anda dan keluarga apabila berkunjung masih harus secara pribadi menyediakan atau mencari dilokasi lain dari kawasan ini.

TW-Ant