Pemandian Clereng Kulon Progo

Pemandian Clereng

Pemandian Clereng

Pemandian Clereng merupakan destinasi wisata alam berupa pemandian yang berasal dari mata air dan terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih. Pemandian Clereng merupakan salah satu obyek tujuan wisata di Kabupaten Kulonprogo.

Pemandian Clereng secara fisik wilayah terletak di wilayah Pegunungan Denudasional Menoreh, Air yang berada di Pemandian Clereng berasal dari mata air yang keluar dari Bukit Clereng. Mata air muncul dari kontak antara muka air tanah dengan permukaan tanah/batuan (Fetter, 2001). Muka air tanah yang ada didalam Bukit Clereng terpotong oleh permukaan bukit dan kemudian muncul sebagai mata air permukaan dengan temperatur air normal karena tidak terdapat pengaruh magmatisme. Mata air yang ada kemudian dikumpulkan oleh bangunan kolam renang dan berkembang menjadi Pemandian Clereng.

Saat ini wisatawan yang berkunjung ke Pemandian Clereng masih terbatas wisatawan domestik, dengan jumlah wisatawan yang berkunjung setiap harinya dapat mencapai 20 wisatawan, sementara saat hari libur dan akhir pekan kunjungan dapat meningkat hingga 100 wisatawan. Rata-rata wisatawan menghabiskan waktu untuk melakukan rekreasi selama 2 jam. Lokasi wisata Pemandian Clereng terletak diantara permukiman dan dikelola oleh Desa Sendangsari. Mata air Clereng masih alami dan dimanfaatkan sebagai bahan baku air minum kemasan bernama “AirKu” oleh PDAM Tirta Binangun, Kulonprogo. Kelebihan lain dari Mata air Clereng adalah adalah adanya mitos dan daya magis yang beredar dimasyarakat bahwa Mata air Clereng berasal dari makam Kyai Paku Jati dan juga sebagai petilasan Sunan Kalijaga. Daya magis yang berkembang menyebabkan Pemandian Clereng terkenal dimasyarakat untuk berkunjung dan membasuhkan air ketubuh agar awet muda. Mitos ini juga menyebabkan wisatawan ramai berkunjung terutama pada hari keagamaan, seperti menjelang bulan ramadhan untuk melakukan tradisi padusan (Windu, 2014)

Daya tarik wisata Pemandian Clereng sudah dilengkapi dengan berbagai amenitas berupa warung, toilet dan lokasi parkir. Terdapat delapan toilet dengan kondisi sedang dengan fasilitas toilet jongkok. Terdapat pula empat warung dengan kondisi sedang dan menjual jajanan sederhana termasuk kuliner khas Kulonprogo, seperti; Sengek Tempe, Tempe Benguk, dan Geblek. Tempat parkir yang ada memiliki luas 10 m2 dengan jarak 20 meter dari lokasi  Pemandian Clereng. Aksesibilitas ke lokasi Pemandian Clereng tergolong sedang dengan jalanan aspal dan memiliki lebar 4 meter. Jarak lokasi Pemandian Clereng ke jalan provinsi dan jalan utama kabupaten sejauh 3 kilometer. Terdapat dua fasilitas kolam pemandian dengan kedalam bervariasi antara 50 cm hingga 200 cm. Lokasi pemandian juga telah dilengkapi dengan gazebo untuk lokasi peristirahatan wisatawan.

Pemandian Clereng merupakan wisata air yang unik memadukan rekreasi air dengan mitos terkait kekuatan magis air yang keluar dari Bukit Clereng. sebuah wahana wisata yang layak untuk Anda kunjungi bersama dengan teman, keluarga dan siapa saja.

TW dari berbagai sumber