Konser “Geopark Gunung Sewu Menjemput Impian Mendunia”

katonSebuah acara  yang dipersiapkan oleh Dinas Pariwisata DIY, Disbudpar Gunungkidul, Pemda Yogyakarta, Pemda Gunungkidul, Pokdarwis, dan juga Lintas Komunitas Peduli Pariwisata, yang dikemas dalam pegelaran bertaraf nasional bertema “Geopark Gunung Sewu Menjemput Impian Mendunia” akan dilaksanakan pada 7 Desember 2016. Direncanakan dimulai pada pukul 19:00 sampai selesai.

Acara dengan Panggung berukuran kurang lebih 24×12 meter dan berlatar belakng situ gunung sewu dihiasi dengan permainan lighting yang ditembakkan pada dinding-dinding bukit Nglanggeran ini nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton yang boleh hadir tanpa dipungut biaya. Bukan itu saja,  acara ini menghadirkan bintang Ibukota “Katon Bagaskara” yang akan menyanyi dengan diiringi orkhestra dari Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta, diawali dengan tampilnya Mantradisi dengan kekhasan musik serta lirik lagu jawa (macapat) yang menawan, serta tari kolosal berjudul “Babat Langgeran).

Acara bertajuk “Geopark Gunung Sewu Menjemput Impian Mendunia merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan oleh Dinas pariwisata DIY bersinergi dengan pemerintah kabupaten Gunungkidul, Pengelola Nglanggeran, Forkom. Lintas Komunitas Peduli Wisata ini diharapkan akan menjadi salah satu kegiatan yang tidak hanya menarik melainkan juga membawa dampak lebih nantinya pada dunia pariwisata dan ekonomi masryarakat. Tercatat tidak kurang dari 500 undangan akan hadir dalam acara berskala nasional yang hadir dari berbagai daerah diindonesia. acara ini bisa dihadiri oleh masyarakat umum tanpa ditarik biaya (gratis).

Geopark Gunung Sewu sendiri adalah sebuah kawasan yang berisi warisan situs-situs Geologis dengan kesejarahan serta nilai yang tak terukur sehingga layak untuk di jaga dan dilestarikan keberadaannya. Keberlangsungan menjaga situs-situs warisan yang mencakup daerah admisnistratif 3 (tiga) propinsi yakni, Propinisi DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berada di 3 (tiga) Kabupaten yang meliputi dan berada di tiga kabupaten, yaitu Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan. Dari 3 geo area tersebut terdapat 30 situs geologi dan 3 situs non geologi telah diusulkan menjadi Geopark Global UNESCO pada September 2013.

Gunung Sewu akhirnya dikukuhkan menjadi Geopark Global di bawah dukungan UNESCO, sekaligus menjadi anggota Jaringan Geopark Global dan Jaringan Geopark Asia-Pasifik pada 19 September 2015 lalu di Totorri-Jepang (kawasan Geopark Global San’in Kaigan).