Festival Wisata Budaya Alun-alun Selatan Yogyakarta 2015

20150731

Sebuah festival yang baru pertama kali di Yogyakarta akan diadakan selama dua hari berturut-turut pada jumat, tanggal 31 juli 2015 sampai sabtu, tanggal 1 agustus 2015 mulai pukul 14:00 wib sampai 23:00 wibdi kawasan Alun-alun Selatan Yogyakarta. Sebuah acara yang diadakan dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan ke Yogyakarta.

Acara ini dibiayai melalui Anggaran dana keistimewaan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata DIY dan seluruh Stakeholder pariwisata DIY dalam tahun 2015 bekerjasama dengan PT. Semar Production melalui program aktualisasi seni budaya untuk mendukung kepariwisataan. Hal ini diungkapkan oleh Aris Riyanta selaku kepala dinas pariwisata DIY dalam jumpa pers (29/7/2015).

Lebih lanjut beliau mengungkapkan tujuan dari pelaksanaan Ferstival Wisata Alun-alun Selatan Yogyakarta 2015 ini selain meningkatkan jumlah wisatawan DIY secara khusus wisata budaya yang menjadi kekuatan utama daya Tarik wisatawan datang ke Yogyakarta adalah meningkatkan kualitas keragaman atraksi wisata budaya yang baru dan kreatif untuk menjawab serta memenuhi permintaan wisatawan. Hal lain adalah untuk memperteguh keberadaan Alun-alun Selatan Yogyakarta sebagai salah satu kawasan wisata budaya sekaligus sebagai kawasan heritage yang menyatu dengan Keraton Yogyakarta, sehingga diharapkan dengan adanya festival ini kawasan Alun-Alun Selatan akan lebih dikenal luas oleh masyarakat dan wisatawan baik local maupun mancanegara.

Festival akan dibuka oleh GBPH Prabu Kusumo dan kepala Dinas DIY. Akan turut hadir juga Asdep, Pengembangan Pasar Wisata Kementrian Pariwisata RI, jajaran Eksekutif dan Legislatif DIY serta Stakeholder Pariwisata DIY.

Untuk semakin meramaikan acara selain adanya kemunculan berbagai atraksi yang bisa secara bebas dinikmati masyarakat ini juga aka nada lomba Masangin yang terbuka untuk umum yang kebetulan berkunjung dengan hadiah bagi pemenang berupa doorprize 10 buah handphone senilai @750 ribu rupiah dan 10 buah kipas angin senilai @500 ribu rupiah. Akan ada juga lomba sepeda hias yang bersifat terbuka untuk para pelaku jasa wisata di kawasan Alun-alun Selatan bagi 100 orang peserta yang akan mendapatkan piala tetap dari Keraton Yogyakarta dan Dinas Pariwisata DIY, serta tersedia total hadiah senilai 37.750.00 rupian untuk 10 orang pemenang.

Rangkaian lomba-lomba akan dinilai oleh para juri yang hadir dari BPD, PHRI DIY, ASITA DIY, Dinas Pariwisata DIY, Dinas Kebudayaan DIY, perwakilan komunitas Fotografi Pariwisata dan Blogger Pariwisata, Ketua Paguyuban Pelaku Wisata Alun-alun Selatan, serta unsur Media Massa Lainnya.

 

(Foto dan artikel : TW/chip)