Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Cacar Air

Salah satu bahan perawatan untuk penyakit cacar air

Salah satu bahan perawatan untuk penyakit cacar air

Sahabat, berbagai penyakit saat ini mudah singgah ke tubuh kita tanpa mengenal usia, gender dan latar belakang apapun. Siapa saja bisa mengalami sakit baik di dalam tubuh ataupun yang menyerang pada kulit manusia. Salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh virus adalah cacar air. Jenis penyakit ini menyerang kulit di sekujur tubuh dengan bintik-bintik berisi air yang menimbulkan rasa gatal. Kali ini kami akan membagikan tips kesehatan untuk mengatasi cacar air.

Penyakit cacar dapat meninggalkan bekas yang dapat menimbulkan infeksi. Yang perlu Anda lakukan adalah tetap menjaga kebersihan tubuh dan hindari mengelupas luka luka atau menggaruk dengan sengaja. Gunakan sabun antisptik untuk menghindari adanya infeki kulit yang disebabkan oleh kuka cacar air. Meski begitu penyakit cacar air tentu saja akan meninggalkan bekas luka yang menghitam yang bisa hilang dalam waktu yang cukup lama. Anda juga bisa menggunakan bedak gatal pada tubuh untuk membantu pengeringan luka cacar air. Berikut ini beberapa cara alami menghilangkan luka bekas cacar air :

  • Haluskan buah bengkoang, tambah sedikit air kemudian gunakan sebagai masker khususnya untuk menghilangkan bekas luka cacar air di wajah. Gunakan buah bengkoang segar dan hindari penggunaan masker bengkoang dalam entuk kemasan komersil.
  • Menggunakan kulit pisang. Cara ini baik digunakan pada saat terkena cacar air. Oleskan kulit pisang pada luka cacar air secara teratur hingga cacar hilang.
  • Gunakan kulit telur yang sudah dicuci bersih dengan menghaluskannya, setelah itu oleskan sebagai masker kulit telur.
  • Dapat juga menggunakan potongan cendana yang telah dihaluskan, lalu oleskan pada bekas luka cacar air.
  • Pelepah pohon aren kering juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka cacar air. Caranya dengan menghaluskan pelepah pohon aren dan gosokkan pada kulit yang terkena cacar air.
  • Selain beberapa bahan di atas, bisa juga kita memanfaatkan jagung muda. Parut atau haluskan jagung muda, gosokkan pada kulit yang terkena cacar air. Lakukan secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.
  • Menggunakan sayur kacang hijau. Caranya dengan merendam kacang panjang di air hingga membesar. Setelah itu haluskan dan oleskan pada bekas luka cacar air di daerah yang terkena bintik-bintik hitam.

Cara alami menghilangkan luka bekas cacar air di atas tentu harus diimbangi dengan tingkat kebersihan diri sendiri. Gunakan sabun antiseptik untuk mencegah kuman dan bakteri menempel sehingga mengurangi kemungkinan Anda terkena cacar air.

(Artikel : Christin)