Manfaat Sehat Buah Srikaya

Buah Srikaya

Buah Srikaya

Di negeri Indonesia ini mempunyai beraneka ragam buah-buahan tropis yang dapat tumbuh subur dan mempunyai rasa serta manfaat besar, salah satunya adalah buah srikaya. Seperti namanya buah ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah srikaya dapat tumbuh dengan mudah saat ditanam dengan menggunakan media pot, atau langsung ditanam di pekarangan rumah. Tak perlu perawatan yang rumit, buah ini akan dengan mudah tumbuh, berkembang dan berbuah terus-menerus tanpa musim.

Buah srikaya dalam bahasa latinnya annonasquamosa memiliki banyak julukan atau sebutan di beberapa wilayah negeri ini. Ada yang menyebut sebagai buah seraikaya, buah delima bintang, serba bintang, serkaya, surikaya, sarkaya, atis soe walanda, garoso dan lain sebagainya.

Buah ini selain unik bentuk, manis rasanya juga mengandung manfaat lain yang bisa diambil dari daunnya sebagai obat tradisional seperti daun sirsak. Buah srikaya mengandung protein, kalori, karbohidrat, kalsium, lemak, fosfor, zat besi. Selain itu buah srikaya kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitmin C. Dari beberapa kandungan unsur gizi dalam buah srikaya tentu tak heran jika buah ini banyak digemari masyarakat Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Berikut ini beberapa manfaat sehat buah srikaya :

  • Tubuh manusia membutuhkan vitamin B. Peran dari riboflavin dalam tubuh inilah yang akan memastikan adanya vitamin B dalam tubuh. Vitamin B sendiri merupakan kelompok vitamin yang larut dalam air yang bermanfaat untuk pertumbuhan, perkembangan dan fungsi tubuh lainnya.
  • Buah srikaya mengandung vitamin B1 yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penumpukan hemosistem yang menyebabkan penyakit jantung.
  • Buah srikaya merupakan buah yang mengandung serat tinggi yang baik untuk metabolisme tubuh, membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga mampu mencegah diabetes.
  • Buah srikaya juga mengandung asam folat yang bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Oleh karena ini buah ini sangat baik bagi ibu hamil untuk dikonsumsi sebagai buah setiap harinya.
  • Buah srikaya juga mengandung niasin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah dengan aneka manfaat ini baik jika Anda konsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain buahnya, Anda juga bisa memanfaatkan daun, biji dan akar dari buah srikaya sebagai obat tradisional. Beberapa manfaat sehat buah srikaya di atas semoga bisa membantu pemenuhan kebutuhan nutrisi sehat bagi tubuh Anda.

(Artikel dan foto : Christin)