Manfaat Mengkonsumsi Sayur Bayam

manfaat sayur bayam

manfaat mengkonsumsi sayur bayam

Sayur bayam terasa dekat di hati para ibu saat menghidangkan menu makanan sehat untuk keluarga. Tak heran karena bayam sangat baik untuk kesehatan. Jenis sayuran ini mengandung serat tinggi, rendah kalori dan kaya akan nutrisi lainnya. Sayur bayam juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan atau sumber zat besi, kalium, magnesium, dan vitamin. Sayur bayam bisa dikonsumsi dalam bentuk sup ataupun salad.
Berikut ini manfaat mengkonsumsi sayur bayam dalam menu makanan Anda sehari-hari :

Menjaga kesehatan mata :
Sayur bayam mengandung karotenoid yang dapat bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula dan timbulnya selaput katarak.

Menjaga kesehatan kulit dan tulang :
Sayur bayam merupakan sumber kalsium, mgnesium dan vitamin K dimana nutrisi ini penting untuk tulang. Begitu juga sayur bayam merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kulit, mencegah kulit berjerawat dan keriput.

Menjadi sumber kekebalan tubuh :
Mengkonsumsi sayur bayam dapat meningkatkan sel darah putih pada tubuh. Kebutuhan sel darah putih yang terpenuhi baik maka akan menjadikan tubuh sehat dan sistem imun tubuh terjaga.

Menjadi sumber energi bagi tubuh :
Mengkonsumsi sayur bayam bisa bermanfaat untuk menghilangkan rasa lelah atau kondisi tubuh yang kurang sehat selain menggunakan kafein.Sayur bayam mengandung zat besi yang dapat meningkatkan produksi oksigen dan dapat mengatur kadar gula dalam darah.

Mencegah terjadinya sel kanker kulit
Sayur bayam mengandung flavonoid yang bersifat antikarsinogenik yang dapat memperlambat pembelahan sel dalam lambung sehingga dapat mengecilkan sel kanker kulit.

Sayur bayam memang banyak dihindari karena adanya keluhan setelah mengkonsumsinya. Namun selama kita mengkonsumsi dalam porsi yang wajar maka kebutuhan nutrisi yang diperlukan dari sayur bayam dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain baik, murah dan mudah didapat, sayur ini juga dapat mencegah terjadinya kanker prostat. Manfaat mengkonsumsi sayur bayam dalam menu sehari-hari bagi keluarga tercinta Anda semoga mampu menjadikan hidup menjadi lebih sehat.

(Artikel : Christin)