Ulang tahun komunitas “geblek” ke-3 : Hunting Foto Kerajinan Gerabah

Keakraban sebagian peserta di sela acara ulang tahun dan hunting foto

Keakraban sebagian peserta di sela acara ulang tahun dan hunting foto

Kembali komunitas foto “GEBLEK (Gerombolan Bermain Lensa dan Kamera) Kulon Progo” mengadakan sebuah acara hunting foto bersama hari minggu, 11 januari 2015 yang pada kesempatan kemarin bertepatan dengan hari jadi yang ketiga komunitas fotografi yang konsen terhadap seni dan budaya ini.

Acara yang diikuti oleh para fotografer anggota komunitas dan juga fotografer lain sekitar kulon progo dan yogyakarta kali ini mengambil tempat di sebuah desa penghasil gerabah di pedukuhan Senik, Lendah, Kulon Progo. Tercatat di tempat ini ada tak kurang dari 35 kepala keluarga yang menjadi pengrajin gerabah dari tanah liat. Hasil kreasi pun bermacam-macam mulai dari cobek, anglo, pot bunga, kursi, dan lainnya yang bisa Anda dapatkan dan juga pesan di tempat ini.

Dimulai dari titik kumpul di tugu pensil yang terletak di jalan utama wates-purworejo para anggota geblek dan juga fotografer lainnya memulai perjalanan menuju ke pedukuhan senik yang jaraknya kurang lebih 3 kilo meter dari titik kumpul, lebih tepatnya rute dari jalan utama wates menuju purworejo para fotografer mengambil arah ke kiri sampai menemukan sebuah pasar tradisional di kiri jalan. Dari sinilah kemudian berbelok kiri memasuki perkampungan sampai menemukan gardu ronda dekat sebuah masjid, ambil arak kanan lalu ke kiri menuju tempat bapak dukuh. Dan dari sinilah semua penjelajahan potensi desa penghasil gerabah dimulai.

Canda tawa menjadi bumbu keakraban para fotografer terlebih saat memulai menelusuri jalan-jalan kecil menuju ke rumah-rumah para penghasil gerabah. Keramahan penduduk juga nampak dari sambutan senyum, sapa dan juga perbincangan yang sesekali ada di sela-sela para fotografer mengambil gambar-gambar dari berbagai sisi terbaik masing-masing.

“selain untuk mengangkat potensi desa acara hunting kali ini adalah sebagai wujud syukur atas usia komunitas geblek berkiprah turut membantu mengangkat potensi-potensi wisata dan budaya yang ada khususnya kulon progo. Keakraban dan silaturahmi antar anggota dan peserta juga menjadi tujuan diadakan acara kali ini sehingga sesama anggota maupun bukan akan terjalin hubungan yang semakin baik dan manfaat. Dan untuk acara ulang tahun komunitas “geblek” ke-3 tak lupa ditandai juga dengan potong tumpeng”, ungkap mas madoen sebagai panitia di sela-sela acara ini.

(foto dan artikel : Ajisoko/chip tw)