Tips Merawat Kecantikan Kulit di Musim Hujan

kecantikan di musim hujan (foto : arumsekartaji)

kecantikan di musim hujan (foto : arumsekartaji)

Musim hujan di akhir tahun dan awal tahun tentu sudah menjadi sahabat sejak dahulu. Tentu saja banyak hal yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk melindungi diri dari air hujan seperti payung, jas hujan hingga obat untuk mengatasi efek dari air hujan. Begitu juga dengan kulit Anda yang perlu Anda rawat dan lindungi meski di musim penghujan.

Di musim penghujan memang udara terasa lebih sejuk, namun beda yang dirasakan oleh kulit. Meski udara terasa sejuk namun perubahan suhu udara juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Oleh karena itu ada baiknya Anda memperhatikan tips merawat kecantikan kulit di musim hujan yang akan kami bagikan sebagai berikut :

Konsumsi air putih cukup

Di musim penghujan biasanya akan mengurangi keinginan untuk minum air putih dan lebih memilih mengkonsumsi minuman lain seperti teh, kopi maupun susu. Meski jenis minuman ini baik namun alangkah baiknya Anda memperbanyak minum air putih agar kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi juga menjaga kelembaban kulit dari dalam maupun luar.

Mandi menggunakan air dingin

Musim penghujan tentu akan membuat Anda malas beranjak ke kamar mandi untuk membersihkan diri. Untuk mengatasi hal itu biasanya air hangat menjadi solusinya. Tetapi hal yang kadang tidak disadari adalah menggunakan air hangat akan mengurangi kelembaban kulit Anda sendiri. Jadi meski hujan ada baiknya Anda tetap menggunakan air dingin saat mandi atau jika terpaksa menggunakan air hangat, persingkat waktu mandi Anda agar kulit tidak kering.

Gunakan Hand and body lotion

Meski udara dingin saat musim penghujan tetap gunakan lotion untuk kulit seluruh tubuh untuk menjaga kelembaban kulit Anda.

Gunakan pelembab

Musim penghujan justru akan membuat kulit kering tanpa disadari. Oleh karena itu gunakan pelembab sesuai jenis kulit Anda. Pelembab akan bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit Anda.

Gunakan tabir surya

Meski matahari kadang tak nampak di musim penghujan ada baiknya Anda melindungi kulit dari radiasi sinar matahari dengan tabir surya. Tabir surya dengan SPF akan melindungi radiasi UV yang dapat menyebabkan kulit rusak, keriput dan kering.

Gunakan lip balm

Selain kulit wajah dan kulit luaran lainnya ada hal yang perlu diperhatikan di musim penghujan adalah bibir yang kering, pecah-pecah dan mengelupas. Penggunaan lip balm tentu menjadi solusinya. Selain menggunakan lips balm Anda juga bisa menggunakan madu untuk mengatasi bibir kering secara alami.

Tips merawat kecantikan kulit di musim hujan di atas tentu sangat penting dan baik untuk Anda perhatikan. Selain menjaga kesehatan tubuh juga penting untuk menjaga kecantikan kulit Anda di musim penghujan. Selalu sediakan payung, jas hujan untuk melindungi Anda dari hujan. Sediakan selalu obat atau perbanyak vitamin C dan E agar kulit terlindung dari radikal bebas.

(Christin)