Memancing Dengan Aman

Foto ilustrasi memancing dengan aman di spot karang

Foto ilustrasi memancing dengan aman di spot karang

Hobby memancing adalah salah satu kegiatan olah raga yang banyak diminati saat ini. Berbagai cara, alat, spot dan masih banyak lagi hal-hal yang ada dalam dunia memancing ini yang terus mengalami perkembangan karena semakin hari bisa dikata memancing juga bukanlah hal yang mudah saat ini, terlebih bila kita memancing bukan di kolam yang sudah barang pasti ada ikannya.

Hobby memancing akhir-akhir ini menuntut orang untuk mencari spot-spot menarik, menantang dan tentu juga dianggap banyak ikannya, sehingga tak jarang para pemancing akan memburu tempat-tempat yang bisa jadi belum dikenal sama sekali. Ini membutuhkan perhatian tersendiri agar tidak menimbulkan masalah tersendiri terutama dari segi keamanan.

Berikut ini adalah tips atau hal-hal yang perlu kita perhatikan sebagai pemancing yang ingin mencari kesenangan dari tantangan, keindahan dan juga hasil memancing agar kita bisa memancing dengan aman.

Kenali tempat memancing benar-benar aman :

Faktor pertama ini menentukan kita bisa memancing dengan aman lantaran dengan mengenali situasi sekitar secara seksama kita akan terhindar dari bahaya semisal adanya binatang berbahaya semacam ular, dan serangga lainnya. Dengan mengenali situasi kita juga akan bisa melihat tempat tersebut berbahaya atau tidak, licin atau tidak dan masih banyak lagi.

Selain mengamati secara langsung Anda bisa juga bertanya kepada masyarakat setempat. Tempat memancing yang aman juga berarti Anda akan terhindar dari tempat yang memungkinkan Anda terperosok karena terlalu sempit, licin, retakan tanah, atau juga retakan batu karang apabila Anda melakukan pemacingan di karang laut (rock fishing).

Kenali karakter air terhadap tempat Anda Memancing:

Baik memancing di sungai atau di laut kita perlu mengenal karakter air, maksudnya adalah apabila kita memancing di pinggir laut maka ada baiknya kita melihat situasi ombak besar atau tidak. Apabila di karang, pastikan juga bahwa ombak yang datang pada hitungan besar aman dari tempat Anda menempatkan diri. Bila Anda memancing di sungai, maka pastikan juga Anda berada dalam situasi air yang tidak membahayakan seperti datangnya air dari atas, arus deras dimana Anda menempatkan diri, dan lain sebagainya.

Gunakan pakaian dan sepatu pelindung:

Ada baiknya Anda menggunakan pakaian pelindung dari dingin, embun, hujan, dan panas matahari. Gunakan juga sepatu yang sesuai dengan spot memancing semisal sepatu boot, atau sepatu tebal untuk menghindari tajamnya karang, licinnya jalan serta serangan hewan atau serangga.

Gunakan lampu penerang:

Ini perlu sekali Anda siapkan apabila Anda memancing di malam hari tentu saja. Selain membantu Anda melihat jalan dan tempat dimana Anda akan menempatkan diri juga berguna untuk menerangi saat Anda memasang umpan sehingga terhindar dari mata kail yang tajam, pisau, dll.

Demikian sahabat mancing teraswarta, tips memancing dengan aman yang bisa saja kita lupakan. Memancing adalah hobby yang diharapkan membawa kesenangan tersendiri sehingga jangan sampai karena kita terlalu ceroboh dan tidak hati-hati justru akan membawa pada hal-hal yang tidak kita inginkan. Semoga manfaat dan selamat memancing.

(foto dan artikel : Ant / tw)