Cara Sehat Di Musim Penghujan

Menjaga Kesehatan Di musim Hujan

Musim penghujan masih lama, ini berarti bahwa masih banyak perjuangan daya tahan tubuh kita untuk melawan ekstrimnya cuaca yang bisa datang kapan saja. Tak hanya itu saja berbagai macam penyakit rupa-rupanya mengintai kesehatan kita yang muncul dalam berbagai bentuk seperti flu, demam, pilek atau batuk. Berikut adalh beberapa hal yang perlu kita perhatikan di musim penghujan ini agar terhindar dari kemungkinan sakit.

Perbanyak minum air putih:

Ini wajib kita lakukan dimusim penghujan seperti sekarang ini lantaran meski ini mudah didapatkan namun acapkali kita abaikan padahal dalam air putih ini terkandung adanya zat detoksifikasi bagi tubuh.

Konsumsi cukup vitamin, nutrisi dan gizi:

Ada baiknya di saat musim penghujan kita siapkan asupan nutrisi, vitamin dan gizi dari bahan-bahan makanan yang kita konsumsi. Perbanyak jumlahnya agar asupan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi.

Cukupkan Istirahat Anda:

Semakin perbanyak waktu istirahat Anda yang pastinya jarang terpenuhi di hari-hari biasanya agar sel=sel dalam tubuh dapat kesempatan untuk “mengisi” tenaganya.

Sediakan alat-alat musim penghujan:

Sediakan selalu jas hujan, payung, jaket atau sepatu boot yang dapat membantu Anda menghadapi curah hujan saat berkegiatan diluar. Dan jangan lupa jemur sesudahnya agar tidak menjadi lembab yang bisa jadi malah menimbulkan masalah baru seperti jamur kulit.

Hangatkan Tubuh Anda:

Sesegera mungkin setelah Anda kehujanan atau kedinginan di rumah dengan penghangat tubuh seperti jaket, selimut atau bila perlu gunakan minyak penghangat. Ingat juga untuk segera berganti pakaian setelah Anda kehujanan di luar.

Tetap berolah raga:

Tetaplah berolah raga semaksimal mungkin meski hanya untuk beberapa saat agar kesehatan tubuh Anda terjaga.

Demikian beberapa tips sehat dimusim penghujan untuk Anda dan semoga bermanfaat. (tw)