Aneka Manfaat Lengkuas

Foto Lengkuas

Foto Lengkuas

Aneka rempah dapat ditemukan dengan mudah di negeri kaya Indonesia ini. Hasil bumi yang sudah dimanfaatkan secara turun-temurun oleh leluhur yang tak bisa dipungkiri khasiatnya. Salah satu hasil rempah Indonesia adalah lengkuas. Salah satu bumbu dapur ini harganya sangat terjangkau dengan pola tanam dan panen cukup lama.

Manfaat lengkuas selain sebagai bumbu tambahan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini aneka manfaat lengkuas bagi kesehatan :

Menjaga dan memperkuat akar rambut
Selain digunakan sebagai bumbu tambahan suatu masakan, lengkuas atau laos juga bisa dikonsumsi langsung sebagai minuman berupa jus. Jus lengkuas ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga dan memperkuat akar rambut serta mencegah rambut rontok. Hal ini terjadi karena zat yang terkandung dalam lengkuas dapat memperlancar peredaran darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke kepala.

Mengatasi kulit gatal
Kulit gatal bisa terjadi akibat bakteri, jamur maupun oksidan lain yang menempel di kulit. Lengkuas dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi kulit gatal. Caranya juga sangat sederhana yaitu hancurkan lengkuas dan oleskan pada bagian kulit yang gatal.

Mengobati luka bakar
Luka bakar memang bisa diatasi dengan cara alami seperti getah kayu bakar, getah kayu dan lain sebagainya. Lengkuas juga bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar. Caraya juga sama dengan mengatasi kulit gatal yaitu dengan menghancurkan lengkuas dan mengoleskannya pada bagian luka bakar tersebut.

Mencegah penuaan dini
Selain itu lengkuas juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini. Lengkuas bisa dikonsumsi sebagai jus untuk menjaga kulit dari oksidan jahat yang menempel. Lengkuas mengandung 40 jenis antioksidan yang baik digunakan untuk melindungi kulit dari keriput atau penuaan dini.

Memperlancar peredaran darah
Mengkonsumsi lengkuas dalam bentuk jus memang terdengar asing dan entah apa rasanya. Tetapi jika mengingat manfaat lengkuas yang begitu banyak tak heran jika jus lengkuas mampu memberi daya tarik tersendiri. Jus lengkuas dapat membantu memperlancar peredaran darah sehingga kandungan kolesterol akan berkurang dan oksigen akan lebih banyak masuk ke dalam tubuh.

Meredakan mabuk dalam perjalanan darat, laut dan udara
Aroma lengkuas cukup kuat dan khas sehingga bisa meredakan rasa mual saat melakukan perjalanan. Anda bisa mengkonsumsi lengkuas sebagai minuman tanpa membuat jus. Anda cukup seduh lengkuas dengan air hangat atau panas lalu ditambahkan sedikit madu.

Kaya serat dan gizi
Lengkuas biasa digunakan sebagai bumbu tambahan pada masakan seperti lodeh, gulai dan aneka masakan lainnya untuk menambah cita rasa dan aroma khas. Meski jarang dikonsumsi langsung, lengkuas sangat kaya akan serat, zat besi, vitamin A, vitamin C, beta sitosterol, flavonoid dan lain sebagainya yang sangat penting bagi tubuh.

Aneka manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh di atas ternyata bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah. Jadi, mulai sekarang jangan ragu mengkonsumsi lengkuas baik sebagai bumbu masakan maupun dikonsumsi langsung.

(Artikel dan foto : Christin)