Mengenal Penyebab dan Gejala Terjadinya Kanker Serviks

Ilustrasi stop kanker serviks

Ilustrasi stop kanker serviks

Kanker serviks merupakan jenis penyakit yang dialami oleh wanita dan penyakit ini menyerang sistem reproduksi. Kanker serviks juga merupakan penyakit mematikan selain kanker payudara. Di Indonesia banyak wanita yang meninggal akibat terkena kanker payudara dan kanker serviks.

Kanker serviks terjadi disebabkan oleh adanya virus Human Papillomavorus atau HPV. Virus HPV ini bisa muncul akibat beberapa faktor seperti adanya infeksi penyakit menular seksual, berganti-ganti pasangan dan berhubungan seks bebas, berhubungan seks di usia muda, menggunakan obat-obatan yang mempengaruhi kerja sistem imun tubuh.

Penyakit kanker serviks ini memiliki ciri yang tidak terlihat di stadium awal. Dan sebaliknya di stadium akhir gejala dan tanda terlihat dengan jelas seperti terjadinya pendarahan, keputihan yang berbau,nyeri di panggul atau kesulitan buang air kecil.

Ada beberapa gejala atau tanda kanker serviks yang perlu Anda perhatikan seperti :

  • Terjadinya nyeri kaki, nyeri punggung dan panggul
  • Siklus menstruasi yang tidak normalterjadi pendarahan saat berhubungan badan
  • Mudah lelah
  • Hilangnya selera makan
  • Mengalami penurunan berat badan secara drastis
  • Terjadi pembengkakan pada salah satu kaki

Kanker serviks merupakan penyakit mematikan seperti kanker payudara yang perlu kita waspadai agar terhindar dari penyakit ini. Menjaga kebersihan Miss V dan menjalani pola hidup yang sehat akan lebih membantu terhindar dari kanker serviks. Lakukan konsultasi dengan dokter pribadi Anda untuk mengontrol kesehatan Anda. Mengenal penyebab dan gejala terjadinya kanker serviks di atas semoga bisa menambah pengetahuan kita sehingga dapat menjaga kesehatan khususnya kanker serviks.

(Artikel : Christin)