Tips Mengatasi Migrain

ilustrasi mengatasi migrain

ilustrasi mengatasi migrain

Migrain atau biasa disebut sakit kepala sebelah merupakan jenis sakit kepala yang tentu saja beda cara mengantisipasinya dibanding dengan sakit kepala biasa. Migrain atau sakit kepala sebelah ini rasanya sangat sakit, menyiksa disertai mual dan muntah.

Migrain atau sakit kepala sebelah disebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah yang berpusat pada pelipis dan terjadi pelepasan zat kimia.Penyakit migrain ini memang sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Terlebih jika Anda harus menyelasaikan pekerjaan yang menumpuk.

Tips mengatasi migrain ini biasanya dilakukan dengan mengkonsumsi obat dengan harapan si penderita bisa beristirahat. Tetapi jenis penyakit migrain ini tak mudah pergi. Selain Anda harus mengontrol emosi agar migrain segera hilang. Penggunaan obat yang berlebihan untuk menghilangkan migrain ini tentu saja bisa memberi efek samping jangka panjang bagu tubuh khususnya ginjal. Oleh karena itu ada baiknya Anda mencoba cara tips mengatasi migrain secara alami. Berikut ini tips mengatasi migrain untuk Anda :

Minum teh jahe hangat

Teh jahe hangat selain nikmat dan menghangatkan tubuh juga dapat memberikan efek rasa tenang sehingga baik untuk menyembuhkan migrain. Jahe bermanfaat untuk anti inflamasi yang bekerja untuk menghambat proses sintesis prostagladin. Senyawa kimia pada jahe mampu mengatasi migrain.

Minum kopi hitam

Kopi selain nikmat tentu saja memberi efek rasa tenang tersendiri. Kandungan kafein dalam kopi mampu menenangkan keadaan tubuh dan menghilangkan migrain atau sakit kepala sebelah bahkan sakit kepala biasa sekalipun. Meski bermanfaat ada baiknya Anda juga mengatur porsi kopi setiap harinya agar tidak mengalami kecanduan.

Memijat bagian pelipis

Memijat bagian pelipis juga dipercaya mampu mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah. Anda juga bisa memijat daerah kepala pada umumnya dengan gerakan searah dan memijat bagian pelipis.

Melakukan hidroterapi

Hidroterapi atau terapi air dapat menjadi pilihan untuk mengatasi migrain. Caranya cukup mudah yaitu rendam kaki Anda di air dingin, letakkan kain hangat pada bagian leher atau tengkuk. Terapi ini baik karena dapat melancarkan aliran darah dari kepala ke kaki. Setelah itu lanjutkan dengan mandi air hangat untuk menetralkan otot yang tegang di area punggung.

Tidur

Tidur merupakan cara yang mudah dan murah untuk mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah. Jika Anda tidur otomatis otak akan menjadi relaks. Anda dapat tidur tanpa menggunakan bantal agar peredaran darah ke otak tidak tersumbat. Kurangnya waktu tidur juga bisa memicu munculnya migrain.

Tips mengatasi migrain di atas tentu saja bebas efek samping. Menjalani pola hidup sehat tentu saja akan menghindarkan Anda dari penyakit migrain atau sakit kepala sebelah. Hindari tidur terlalu malam karena kurangnya istirahat dapat memicu timbulnya migrain.

(Artikel : Christin/foto:gesund)