Trik Memancing Ikan Nila

tips dan trik mancing

tips dan trik mancing

Beberapa saat yang lalu team uji mancing teraswarta berbincang-bincang seputar memancing ikan di air tawar. Perbincangan seputar karakter ikan nila yang banyak ditemukan di danau-danau atau embung.

Saat ini memancing ikan yang satu ini dirasa semakin tidak mudah, hal ini tentu karena terdapat banyak suplay makanan terutama lumut, terlebih dimasa kemarau seperti sekarang ini. Maka dibutuhkan tentu saja trik-trik untuk mengatasi hal ini.

Ikan nila adalah jenis ikan yang selalu berkelompok. Mereka juga menyukai makanan-makanan berupa tumbuh-tumbuhan yang menempel pada batang-batang kayu dan lainya yang berada di dasar-dasar air, lebih-lebih bila tempat yang mereka huni sudah terlalu sering di pancing dengan berbagai umpan. Sudah pasti ikan-ikan ini akan memilih-milih makanan jadi salah satu triknya adalah mencuri perhatian mereka.

Trik yang bisa dicoba adalah dengan “nge-bom” atau menaburkan bahan makanan ikan atau lumut. Bahan makanan yang kita tebar pun juga ada baiknya bukan yang mengambang karena secara otomatis ikan akan mengikuti gerak makanan yang semakin menjauh.

Saat setelah menebar umpan pencuri perhatian ikan barulah kita lemparkan kail yang telah berisi umpan ke dalam air. Ini juga ada dua cara yakni dengan pelampung atau dengan menggunakan pemberat. Ini tergantung dari karakteristik yag ada di danau atau embung di mana sahabat memancing.

Untuk umpan, sahabat teras bisa menggunakan lumut segar yang sebelumnya di cuci dengan air garam sehingga melemaskan lumut. Catatannya jangan terlalu lama mencuci dengan air garam karena lumut akan busuk, jadi bilas beberapa kali dengan air tawar setelah lumut menjadi lemas. Bisa juga menggunakan cairan vanili untuk memberi aroma selain menguatkan lumut.

Umpan kedua adalah menggunakan udang-udang kecil yang bisa dijaring di pinggir-pinggir danau atau sungai. Tak perlu yang berukuran besar tentu saja.

Umpan ke tiga adalah menggunakan cacing tanah hitam “cacing gelang” dan menurut beberapa pengalaman umpan satu ini cocok untuk digunakan pada malam hari. Selain kuat, aroma cacing satu ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi nila-nila yang berukuran lumayan besar.

Demikian sahabat mancing, sedikit trik dari hasil perbincangan dengan para pemancing di pinggir waduk sermo beberapa saat yang lalu di antara berbagai trik dan tips yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

(foto dan artikel : tw-mancing)