Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Kesehatan mata

Mata yang indah tentu saja adalah mata yang sehat. Mata yang sehat akan mampu melihat apa saja dengan jernih dan jelas baik jarak dekat maupun jarak jauh. Kondisi alam sekarang ini memungkinkan mata kita menjadi tidak sehat. Asap, debu dan polusi tersebar dimana-mana yang dapat menyebabkan mata kita menjadi tidak sehat.

Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk melindungi mata kita dari polusi seperti, menggunakan kacamata saat mengendarai sepeda motor, saat berada di lapangan dengan matahari terik, menggunakan vitamin, mengkonsumsi makanan sehat dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa tips menjaga mata agar tetap sehat :

Hindari menonton televisi terlalu dekat

Jarak aman untuk menonton televisi adalah 2 meter untuk ukuran tv 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar tentu saja harus lebih jauh. Begitu juga saat di bioskop, ada baiknya Anda mengambil tempat duduk di deretan paling belakang.

Di depan komputer terlalu lama

Pekerjaan sekarang ini menuntut kita berada di depan layar komputer seharian penuh. Apabila demikian ada baiknya Anda memberi jeda waktu setiap 30 menit untuk mengistirahatkan mata Anda selama 10 menit.

Bermain video game atau PS terlalu dekat

Usia anak dan remaja saat ini gemar sekali bermain video game dan PS serta permainan sejenisnya membuat mereka tidak menyadari bahaya radiasinya untuk kesehatan mata. Usahakan untuk memberi jarak pandang seperti menonton tv agar mata Anda dan anak Anda tetap sehat.

Membaca buku

Jarak membaca buku yang aman adalah 30 cm. Bila jarak pandang baca Anda terlalu dekat maka mata Anda akan tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Gunakan lampu yang terang di malam hari dan biasakan membaca sambil duduk tidak dengan tiduran.

Hindari debu dan polusi

Beberapa aktivitas ada yang dilakukan di luar ruangan atau di lapangan. Untuk menjaga kesehatan mata Anda, sebaiknya gunakan kacamata, helm berkaca utnuk menghindari debu dan polusi. Debu dan polusi dapat mengakibatkan mata katarak dan terkena infeksi.

Mengkonsumsi makanan bergizi, berserat dan mengandung vitamin A

Mata kita juga membutuhkan asupan penting sepert organ tubuh lainnya. Biasakan mengkonsumsi makanan bergizi, berserat dan mengandung vitamin A tinggi seperti wortel, tomat, alpukat, pepaya dan lain sebagainya.

Menjaga dan melindungi kesehatan merupakan langkah yang baik dibandingkan dengan langkah pengobatan. Jagalah selalu kesehatan mata Anda agar tidak tersiksa menggunakan kacamata secara terus-menerus. Lakukan pengecekan rutin terhadap kondisi mata Anda agar senantiasa bebas dari segala resiko.

(Artikel : Christin)