Serunya Berwisata Arum Jeram

arum jeram 1

Berwisata tak harus di tempat yang santai dan bernuansa ramai. Anda sesekali mencoba salah satu jenis wisata berupa rafting atau arum jeram. Salah satu tempat rafting atau biasa disebut arum jeram yang berada di kota magelang adalah sungai elo. Di tempat ini Anda dapat berwisata sekaligus berolahraga memacu adrenalin yang sangat seru.

Di tempat wisata arum jeram ini Anda bisa menghubungi jasa layanan yang akan memandu Anda saat arum jeram sekaligus fasilitasnya. Salah satu alternatif wisata yang ada di magelang ini cukup memikat dan sangat menarik.

Ada beberapa sungai yang bisa Anda coba rafting selain di sungai elo yaitu sungai progo atas dan bawah. Arum jeram di sungai elo mempunyai jarak tempuh 12 km selama 3 jam dimana jarak ini merupakan grade II hingga III. Sementara sungai progo atas berjarak 8 km ditempuh dengan waktu 2 jam yang merupakan grade III hingga IV. Dan untuk sungai progo bawah mempunyai jarak tempuh 18 km dengan waktu 4 jam grade IV hingga V.

Untuk mengikuti jenis wisata arum jeram ini Anda harus memilih jasa dan layanan yang memang sudah ahli di bidang ini. Anda harus memperhatikan jenis dan fasilitas yang Anda dapatkan. Fasilitas serta kelengkapan alat saat arum jeram akan sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan dan keamanan saat Anda rafting.

Berwisata arum jeram ini Anda harus jeli dalam memilih tempat. Bagi Anda yang masih pemula bisa memilih sungai elo dengan grade II hingga III. Di tempat ini Anda akan dibagi kelompok sesuai team yang Anda bawa. Dan di tempat ini juga tersedia jasa arum jeram untuk keluarga dan anak-anak. Namun tentu saja Anda harus mematuhi peraturan dari petugas yang membawa dan memandu Anda dalam berwisata arum jeram.

Waktu tempuh yang Anda butuhkan menuju sungai elo dari Yogyakarta sekitar 45 menit, dari candi Borobudur sekitar 10 menit, dari candi Mendut sekitar 5 menit, sedang dari kota Magelang sekitar 20 menit.

Setiap jasa dan layanan tentu saja mempunyai harga standar untuk berwisata arum jeram salah satunya di sungai elo ini. Harga per boat dipatok senilai Rp. 750.000 dengan 5 peserta. Sedang untuk arum jeram di sungai progo dipatok harga sekitar Rp. 1.500.000 dengan 5 orang peserta. Harga yang ditentukan di sini tentu saja sudah disesuaikan dengan tingkat kesulitan medan, fasilitas dan kenyamanan serta keamanan Anda.

Tertarik nggak sahabat untuk berwisata arum jeram? Kalau belum mencoba tentu akan penasaran. Tetapi jika sudah mencoba wisata arum jeram maka Anda akan ketagihan. Serunya berwisata arum jeram dapat Anda peroleh dengan mencobanya. Pemandangan alam yang masih asri dapat Anda temui di sini. Di perjalanan rafting Anda akan berhenti pada satu titik untuk beristirahat sambil menikmati air kelapa muda dan snack ringan yang merupakan bagian dari pelayanan jasa yang Anda pilih. Kekompakan team akan membuat suasana menjadi lebih seru. Meski begitu, Anda harus memperhatikan tingkat keamanan dan keselamatan Anda.

(Foto dan artikel : Christin)