Sedikit Menjamah Tentang Goa Braholo

landscape goa braholo bagian depan

landscape goa braholo bagian depan

Sebagai salah satu kawasan Geopark dengan luasan daerah Karst yang meliputi 3 kabupaten dalam 2 propinsi yaitu Gunung Kidul (Yogyakarta), Wonogiri dan Pacitan (Jawa Tengah) maka di daerah ini akan diteui banyak sekali bentang alam yang luar biasa.

Sedikit mengulik tentang sejarah pembentukan daerah karst atau daerah kapur. Pada awal pembentukan daerah ini merupakan daerah yang berada di bawah permukaan laut dan kemudian muncul ke permukaan (pengangkatan) karena desakan dari patahan benua. Walau daerah ini sering dijuluki daerah yang kurang subur yang setiap musim kemarau terjadi kekeringan, namun kawasan karst ini mempunyai eksotisme serta bentukan-bentukan alam yang sangat luar biasa.

Salah satu bukti bentuk bentangan alam yang luar biasa adalah goa Braholo (berhala.red) yang berada di desa Semugih, Rongkop, Gunung Kidul. Memang goa Braholo tidak sedalam goa-goa dan dihiasi batuan stalagmit dan stalagtit. Namun, goa Braholo ini mempunyai kekhasan sendiri yaitu menyimpan kerangka manusia purba yang diperkirakan berumur sekitar 10.000 SM dengan perkiraan bahwa kerangka tersebut adalah ras Astronesia atau ras yang bermigrasi dari benua Afrika ke Asia seperti ras-ras yang berada di timur Indonesia seperti Irian Jaya dan sebagian Maluku. Sayangnya belum ada penelitian lebih mendalam lagi tentang tempat inis ehingga sumber-sumber hanya terbatas pada bukti kerangka dan tempat kerangka itu di ketemukan yaitu di goa.

papan penanda goa masih dalam kegiatan ekskavasi

papan penanda goa masih dalam kegiatan ekskavasi

Goa dengan bentu asli merupakan tipe runtuhan di tepian bukit sehingga hanya membentuk seperti cerukan ini ditemukan beberapa kerangka manusia purba yang mendiami di goa tersebut.

Jika anda tertarik dan penasaran dengan goa ini, akses yang anda tempuh cukup mudah karena tidak jauh dari jalan raya Wonosari-Wonogiri, disana sudah ada papan nama mengenai goa tersebut dan goa ini juga terletak tidak jauh dari goa Bribin yang terkenal dengan sungai bawah tanahnya.

Namun, jangan harapkan goa ini di penuhi wisatawan karena karkteristik goa yang cukup sempiut dan tidak dalam. Anda hanya akan disuguhi cerukan serta beberapa lubang hasil dari penggalian kerangka purba yang sekarang disimpan di Balai Purbakala Yogyakarta. Namun, setidaknya disini anda akan belajar mengenai sejarah khususnya arkeologi dan migrasi manusia purba. Atau anda juga dapat membayangkan bahwa seperti apa Gunung Kidul pada masa purba dahulu, tertarik? Silahkan explore dan jelajahi goa Braholo ini.

lubang-lubang bekas galian ekskavasi kerangka purba di goa Braholo

lubang-lubang bekas galian ekskavasi kerangka purba di goa Braholo

 

(foto dan artikel : Hanung H)