Sayur Pare Kombinasi Ikan Teri

Hasil masak sayur pare kombinasi ikan teri

Hasil masak sayur pare kombinasi ikan teri

Di bumi nusantara tercinta ini, kita bisa mendapatkan sumber dan bahan makanan berupa sayuran yang melimpah. Salah satu sayuran itu adalah sayur pare. Mungkin bagi sebagian orang ada yang tidak suka sayur pare karena sayur ini terkenal pahit.

Sayur pare memang terkenal berasa pahit namun mempunyai khasiat yang hebat. Tak heran jika jenis sayuran ini tetap diolah oleh masyarakat. Jenis sayuran pare ini di masyarakat biasanya diolah dengan ditumis atau dikukus. Pada jenis kuliner siomay sering kita temui pare rebus. Selain itu sayur pare bisa diolah dengan ditumis atau diolah dengan berbagai menu. Salah satunya adalah sayur pare kombinasi ikan teri yang kali ini akan kami bagikan untuk Anda yang hobby memasak. Selain dengan ikan teri sayur pare juga bisa diolah dengan hati ampela, atau usus ayam yang telah dicuci bersih.

Untuk menghilangkan rasa pahit, Anda bisa menggunakan garam sebagai penetralnya. Caranya cukup mudah yaitu berikan garam secukupnya pada sayur pare yang sudah dipotong tipis. Kemudian remas-remas hingga keluar busanya. Setelah itu cuci hingga bersih agar garam yang menempel hilang. Oleh karena itu kami akan membagikan kepada Anda berupa sayur pare kombinasi ikan teri sebagai berikut :

Bahan :

3 lonjor sayur pare segar, potong tipis

50 gr ikan teri tanpa kepala, cuci bersih

3 bh bakso ikan, iris sesuai selera

7 bh cabai merah besar, iris serong

2 sdm minyak goreng

Bumbu halus :

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 butir kemiri

Garam dan gula secukupnya

Air secukupnya

Cara memasak :

  • Tumis bumbu halus dan cabai merah hingga harum
  • Masukkan ikan teri yang sudah dicuci bersih, aduk rata
  • Setelah ikan teri setengah matang, masukkan sayur pare beserta bakso ikan.
  • Masukkan garam dan gula secukupnya.
  • Tambahkan sedikit air, aduk rata hingga sayur matang dan bumbu meresap.
  • Angkat dan sajikan

Sayur pare kombinasi ikan teri ini sangat mudah untuk Anda coba sebagai menu pengganti sehari-hari. Sayur pare ini juga bisa Anda konsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menambah selera makan Anda. Dan bagi Anda yang mempunyai tekanan darah rendah sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi sayur pare. Sejauh Anda sehat, menu ini akan menjadi istimewa dengan nasi hangat lauk ayam goreng.

(Foto dan artikel : Christin)