Obyek Wisata Ketep Pass Magelang

Foto di obyek wisata ketep pass

Berfoto di obyek wisata ketep pass

Obyek wisata Ketep pass adalah salah satu obyek wisata yang menjadi jujugan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Magelang selain Borobudur, Taman Kyai Langgeng, dan lainnya. Sebuah obyek wisata yang menawarkan keindahan alam sebagai andalannya.

Bagi Anda yang pernah ke ketep pass tentu memiliki berbagai cerita menarik saat cuaca bersahabat atau justru memeiliki kekecewaan karena alam “tidak bersahabat” dengan adanya kabut yang menutup jarak pandang Anda. Dan bagi Anda yang belum pernah ke sana, tak ada salahnya Anda mengunjunginya karena ada banayk hal yang ditawarkan untuk dinikmati.

Ketep pass adalah sebuah tempat wisata yang diremikan pada tanggal 17 0ktober 2002 oleh presiden Megawati Soekarnoputri dan berada di ketinggian 1200 meter dari permukaan laut, dengan luas area kurag lebih 8000 meter persegi. Berada di puncak bukit sawangan, yakni berada di posisi antara gunung Merapi dan gunung Merbabu, kota Maelang, Jawa tengah dengan dinginnya udara khas pegunungan, suasana perkebunan sayuran, kuliner jagung bakar, gorengan tempe yang khas, dan juga bangunan museum vulkanologi dengan miniatur gunung merapi serta fasilitas-fasilitas lain yang akan banyak memebrikan pengetahuan kepada siapa saja tentang gunung, terutama gunung merapi.

Bila alam sedang cerah, maka dari ketinggian ketep pass ini bisa kita lihat keberadaan gunung Merapi, gunung Sindoro, gunung Merbabu, gunung Sumbing juga gunung Slamet dari kejauhan sembari menikmati suasana di tempat ini. Namun, dalam keadaan turun kabut maka pandangan kita menuju ke gunung-gunung tersebut akan terhalangi.

Untuk menuju ke tempat ini juga bukanlah hal yang sulit lantaran meski tak terlalu luas dan berkelok-kelok naik namun jalur yang tersedia telah berupa jalan beraspal yang sudah baik untuk dilalui terutama bila menggunakan mobil-mobil pada umumnya dan sepeda motor, sedang untuk bus besar masih membutuhkan sedikit ke-ekstra hati-hatian karena tidak terlalu luasnya jalan, namun sangat bisa untuk dilalui. Berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Magelang.

Selain pemandangan alamnya Anda bisa juga menyaksikan film yang menceritakan sejarah terjadinya gunung merapi berikut rute-rute pendakiannya, penelitian yang ada serta peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di gunung merapi. Film ini bisa Anda tonton bersama anak-anak, sahabat atau rombongan di bioskop mini yang tersedia.

Satu lagi yang menarik adalah, bagi ibu-ibu bisa membeli oleh-oleh berbagai macam sayuran segar dengan harga yang relatif murah untuk dibawa pulang. Cukup menarik dan terlalu sayang untuk dilewatkan bukan? Selamat menikmati pesona ketep pass dalam trip wisata Anda selanjutnya.

(foto dan artikel :christin/ant)