Kulon Progo Akan Adakan Festival Layang-layang Nasional

Peserta festival layang-layang tahun lalu

Peserta festival layang-layang tahun lalu

Setelah sukses melaksanaan Festival layang-layang di tahun 2013, kembali Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan PERKALIN dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kulon Progo akan melaksanakan Festival Layang-layang Nasional 2014 pada Sabtu – Minggu, 11 – 12 Oktober 2014 di Lapangan Pantai Glagah. Tempat yang sama dengan pelaksanaan sebelumnya.

Festival ini nantinya akanberlangsung dua hari ini dijadwalkan akan dibagi dalam beberapa kategori. Untuk pelaksanaan pertama (sabtu, 11/10/2014) adalah untuk kategori layang-layang Tradisional, 3 Dimensi, dan Rokaku Challenge, sedang pada hari kedua (minggu, 12/10/2014) akan dilaksanakan kategori 2 Dimensi dan Train.

Festival Layang-layang Nasioanl 2014 ini juga akan memperebutkan banyak kejuaraan; yaitu: untuk Kategori Tradisional, 3 Dimensi, 2 Dimensi, dan Train yang akan memperebutkan posisi Juara I, II, III dan Harapan I s.d. V; sementara Rokaku Challenge akan memperebutkan Juara I, II, III.

Sampai saat ini, menurut panitia, peserta yang sudah terdaftar adalah berbagai club pelayang yang berasal dari berbagai kota di Indonesia, seperti Surabaya, Tulung Agung, Ponorogo, Magelang, Muntilan, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Bandung, Yogyakarta, Tanjung Pinang, Pontianak, Kota Baru, Muna, Makasar.

Dalam rangka memasyarakatkan permainan layang-layang kepada anak secara dini, panitia akan menyelenggarakan workshop layang-layang untuk Siswa SD dengan jumlah peserta 200 siswa pada Minggu, 12 Oktober 2014 pukul 09.00 – 10.00 WIB. Bahan dan materi workshop akan disediakan oleh PERKALIN.