Gelar Seni Kantong Budaya Desa Hargorejo

Penari dan antusias penonton di acara gelar seni kantong budaya desa Hargorejo

Penari dan antusias penonton di acara gelar seni desa Hargorejo

Datang ratusan pasang mata dari anak-anak sampai dewasa dalam acara gelar seni kantong budaya, Desa Hargorejo, Kokap yang diadakan dari pagi hingga sore kemarin (sabtu, 26/10/2014). Mereka datang secara khusus untu mengikuti dan sekaligus menyaksikan berbagai kegiatan serta pentas yang menampilkan berbagai potensi seni milik desa ini.

Diawali dengan acara senam angguk secara massal yang diikuti tak kurang dari 16 pedukuhan yang ada di lapangan Selo, Hargorejo, Kokap,Kulon Progo membawa kemeriahan serta kebersamaan tersendiri yang dibangun oleh desa yang terletak diantara perbuitan menoreh ini.

Tampilnya tak kurang dari 7 kelompok penampil seni budaya hadroh, jathilan, incling krumpyung dan angguk putri adalah yang dinantikan oleh ratusan pasang mata yang dengan setia menanti dan menyaksikan setiap pertunjukan meski panas terik menjadi tantangan tersendiri.

Gelar seni ini adalah salah satu sarana yang selalu dielu-elukan menjadi tujuan dalam setiap kegiatan seni budaya yakni menjaga lestarinya potensi yang ada di antara berbagai tawaran modernisasi serta kemajuan yang ada saat ini.
Nampak para pemain juga antusias akan adanya acara yang pertama kali digelar secara khusus ini. Harapan akan terus berkembang dan dapat terlaksana kembali diungkapkan oleh panitia acara gelar seni kantong budaya desa hargorejo ini.

Beberapa penonton yang hadir dalam acara ini saat ditanya tentang kesan dan juga pesannya mengatakan, acara ini cukup menarik dan memberikan hiburan tersendiri selain menjadi media pengenalan juga kepada anak-anak tentang kekayaan seni dan budaya lokal meski bagi anak-anak di sekitaran Hargorejo sudah sangat biasa menyaksikan atraksi kesenian seperti incling, angguk ataupun jathilan.

Acara yang sepenuhnya diprakarsai oleh berbagai element masyarakat setempat yang saling bekerjasama, diantaranya pemerintah desa, Dinas Pariwisata, pemuda, penggerak seni budaya lokal serta polsek kokap yang secara bahu membahu sangat nampak dari pantauan team teraswarta sampai berakhirnya acara yang meski cukup sederhana namun layak mendapatkan apresiasi serta dukungan untuk terus dikembangkan di waktu-waktu mendatang.

(foto dan artikel : christin/tw)