Tips Mengeluarkan Dahak Secara Alami

daun sirih

Di musim pancaroba seperti saat ini banyak sekali polutan berupa debu, asap kendaraan, virus, dan polusi lainnya yang menyebabkan Anda terkena batuk. Jenis batuk sendiri ada 2 jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering dan batuk berdahak sama-sama menyebabkan tubuh menjadi tidak fit dan terganggu kesehatannya.
Setiap orang pasti pernah mengalami sakit batuk berdahak dimana batuk merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluaran kotoran yang menempel pada tenggorokan. Batuk cenderung merupakan jenis penyakit yang mudah menular.
Jenis batuk berdahak akan membuat Anda sulit beristirahat. Mengeluarkan lendir dari batuk merupakan cara yang efektif agar tubuh kembali fit. Ada beberapa tips mengeluarkan dahak secara alami yang dapat Anda lakukan, seperti :

Sari jeruk nipis dengan kecap
Obat tradisional yang bisa dibuat sendiri adalah menggunakan jeruk nipis yang diperas kemudian tambahkan kecap pada sendok makan. Cara ini biasa dipakai sejak dahulu sebagai obat batuk berdahak.

Daun sirih dengan jahe
Tips mengeluarkan dahak secara alami lainnya adalah menggunakan daun sirih dan jahe. Caranya dengan ambil daun sirih secukupnya, rebus bersama dengan jahe yang sudah dicuci dan digeprek. Kemudian minum air rebusan daun sirih dan jahe selagi hangat.

Wedang Jahe
Jahe merupakan hasil rempah alami tanah air yang sejak dahulu digunakan sebagai obat tradisional. Jahe selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya juga efeltif membantu mengeluarkan dahak secara alami, melegakan tenggorokan, dan memberi efek rasa hangat bagi tubuh. Jahe dapat dibuat menjadi minuman alami yang sehat. Anda dapat membuat sendiri wedang jahe atau membelinya langsung di warung.

Madu dan garam
Mengurangi konsumsi gula atau pemanis buatan juga merupakan langkah mengatasi penyakit batuk. Menggunakan pemanis alami seperti madu juga sangat baik bagi tubuh. Anda bisa menggunakan madu yang dicampur dengan sedikit garam pada satu sendok makan untuk mengeluarkan dahak secara alami.

Tips menghilangkan dahak secara alami di atas terbukti sudah dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Selain berusaha menghindari obat dalam kemasan, menggunakan obat alami tradisional dipercaya lebih sehat bagi tubuh dan tidak memberi efek samping jangka panjang. Jaga selalu kondisi tubuh Anda agar selalu fit dan terhindar dari berbagai penyakit. Perbanyak konsumsi makanan sehat, buah, dan vitamin C supaya antioksidan bekerja melindungi tubuh Anda.
(Artikel dan foto : Christin)