Tarian Didik Nini Thowok Buka Jogja International Street Dance Ke-4

didiknini thowok menampilkan tarian panca rasa  dalam pembukaan JISP

didik nini thowok menampilkan tarian panca rasa dalam pembukaan JISP

Seniman tari kawakan, Didik Nini Thowok menjadi penampil pertama dalam pembukaan Jogja International Street Dance Performance 2014 yang digelar di halaman Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada Sabtu (27/09/2014). Dalam pembukaan ini Didik menampilkan tarian Panca Rasa yang merefleksikan berbagai tarian dari seluruh dunia yang ikut di dalam even Jogja International Street Dance diantaranya dari negara di Asia termasuk Indonesia dan Eropa dan Indonesia.

JISP tahun ini bertema “Jogja the dancing city #2” yang bertujuan untuk mengenalkan tari ke publik. Karena tari sebagai bentuk kesenian serta telah menjadi dinamika kreatifitas tersendiri di kota Yogyakarta ini. Oleh karena itu JISP ingin mendekatkan pertunjukan seni terutama pagelaran tari kepada masyarakat dengan mengelarnya di tempat umum atau disebut dengan Dance On Publik dengan cara meninimalisir atau bahkan menghilangkan jarak antara seniman tari dengan masyarakat.

pembukaan JISP di halaman TBY Yogyakarta

pembukaan JISP di halaman TBY Yogyakarta

Acara yang digelar selama 2 hari ini akan menampilkan beragam tarian dari berbagai daerah di Indonesia maupun dari berbagai negara. Tercatat dari dalam negeri kontestan yang ikut dalam even ini ada dari Jakarta, Kalimantan, Cirebon, Solo, Bandung dan Yogyakarta sendiri, sementara untuk mancanegara akan diikuti oleh Malaysia, Singapura, Jepang, Spanyol, India, Canada, Philipina, dan Ukraina.

Kepala Bagian Destinasi Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Arya Nugrahani dalam sambutannya mengatakan bahwa even seperti JISP ini untuk mematangkan Yogyakarta sebagai kota budaya yang terus mengembangkan kegiatan kesenian seperti tari ini untuk berpartisipasi dan begabung dalam Dancing Cities Network yang saat ini sebanyak 33 kota di seluruh dunia telah menjadi anggotanya.

salah satu tari yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat

salah satu tari yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat

(Foto dan artikel : Hanung H)