Spot Rock Fishing Andalan Di Gunungkidul (1)

Proses menaikkan ikan Pari di spot rock fishing pantai Baron

Proses menaikkan ikan Pari di spot rock fishing pantai Baron

Gunungkidul saat ini begitu terkenal dengan berbagai obyek wisata yang bermunculan hampir di setiap sudut wilayahnya. Dan satu lagi yang juga terkenal selain wisata alamnya adalah tersedianya spot-spot mancing bagi para angler yang sering mendaratkan pilihannya di kabupaten satu ini.

Spot rock fishing atau memancing di curamnya bukit yang berbatasan dengan laut dalam tentu saja menawarkan selain keindahan pemandangan juga sambaran ikan-ikan predator yang siap memakan setiap umpan yang dilempar, meski tentu saja dengan syarat air dan angin berada dalam keadaan normal. Solusinya bisa dengan cara mencari kontak nelayan di sana atau melalui pencarian informasi cuaca di internet.

Berikut adalah teraswarta tuliskan lima spot rock fishing yang searah perjalanan, biasa menjadi jujugan para pemancing dari berbagai tempat yang layak untuk Anda dan teman-teman Anda memancing:

Spot Rock Fishing Gubuk :

Ada beberapa tempat yang bisa di pilih ditempat ini dengan ketinggian bukit yang cukup lumayan tinggi. Menampung memang tak terlalu banyak orang dan membutuhkan kehati-hatian juga. Berada di sebelah barat pantai Baron. Ambil arah ke kiri sampai menemukan bangunan dengan pintu gerbang. Di sini Anda bisa meminta ijin dengan penjaga dan bahkan meminta tolong untuk di antar ke lokasi. Roda dua atau mobil bisa masuk sampai ke lokasi penitipan kemudian berjalan kurang lebih 10 – 20 menit untuk menuju ke lokasi-lokasi mancing.

Spot Rock Fishing Baron:

Spot rock fishing di pantai ini memiliki ketinggian yang bisa dikata sangat bersahabat, meski yang paling ujung memiliki kemiringan tertentu, namun cukup aman dan nyaman untuk memancing. Tidak memiliki banyak “sangkutan” batu karang karena berbatasan dengan panai berpasir. Tempatnya bisa di sisi barat atau timur pantai dengan menaiki bukit, berjalan kurang lebih 10 menit untuk menuju ke spot. Kendaraan roda dua atau mobil bisa Anda titipkan di parkiran yang telah tersedia atai pemilik warung-warung di sana.

Spot rock fishing jujugan:

Spot dengan ketinggian yang lumayan menantang. Babatuan karang yang cukup curam dan tajam sehingga membutuhkan alas kaki yang tebal, alat yang panjang dan bila perlu sedian juga jangkar serta galah perpanjangan untuk “menjorokkan” line agar tidak tersangkut karang. Kendaraan roda dua atau empat bisa sampai ke dekat lokasi meski dengan jalan naik.

Spot Rock Fishing Krakal:

Setelah Anda memarkir kendaraan motor atau mobil, Anda bisa menempuh bukit yang terletak bi sisi barat pantai dengan waktu 10-15 menit. Memiliki ketingian yang cukup bersahabat yakni antara 15 sampai 20 meter dari air laut.

Spot Rock Fishing Ngandong :

Berada di barat pantai sundak, dengan jalan masuk yang sama dengan pantai sundak hanya ambil lagi arah ke kiri. Tempat mancing berbatasan dengan pantai sadranan. Di tempat ini bisa memilih pasiran maupun rock fishing. Menampung pemancing lebih dari 5 orang di sisi barat dan selatan.

Tantangan Dan Hambatan :

Tantangan dan hambatan di spot-spot ini adalah jebakan karang-karang di bawahnya, maka kami sarankan Anda berangkat pada hari yang cerah sehingga bisa memilih tempat aman juga laut dalam yang tidak ada banyak karangnya.

Ombak yang besar dan angin, ini bisa diatas dengan cara meminta nomor penduduk di sana agar bisa bertanya keadaan ombak atau browsing internet tentang leju angin dan ombak.

Sediakan line kecil dan besar sebagai pilihan serta pemberat yang lebih karena bisa jadi akan banyak menyangkut di karang-karang di bawahnya.

Umpan :

Untuk umpan yang baik dan sering mendapatkan sambaran di tempat ini adalah kapurito (gurita), ikan tongkol jenis “blereng” (bercorak garis lurus pada tubuhnya), teri, udang sedang umpan-umpan lain biasanya kurang menarik bagi ikan-ikan ditempat ini.

Ikan yang biasanya menyambar:

Tempat-tempat ini menyediakan ikan seperti kampur, bang-bangan (kakap merah), GT/caru, sidat laut (oleng-oleng), ikan Pari, mata belok, dan banyak lagi.

Demikian sahabat teras mancing, 5 spot rock fishing untuk Anda yang semoga bermanfaat dan tunggu spot-spot mancing selanjutnya. (tw)