Tips Alami Mengatasi Jerawat Batu

mengatasi jerawat batu

Wajah bersih, cerah dan tanpa noda merupakan impian setiap orang khususnya wanita. Maka tak heran jika berbagai cara ditempuh untuk memperoleh penampilan wajah yang sempurna. Salah satu masalah yang sering mengganggu penampilan adalah munculnya jerawat di wajah. Jerawat bisa muncul sebagai akibat dari tingkat kebersihan wajah yang kurang diperhatikan, tingkat stress yang tinggi, keturunan atau faktor hormon tertentu, pemakaian kosmetik yang tidak sesuai, perawatan yang berlebihan dan masih banyak lagi.

Jerawat mudah muncul pada permukaan kulit wajah yang penuh dengan minyak apalagi dalam keadaan kotor. Mengatasi masalah jerawat biasa dapat dilakukan dengan cara sederhana semisal rajin membersihkan muka, menjaga pola makan dan pola hidup. Selain itu masalah jerawat yang sering muncul dan mempunyai tenggang pengobatan yang lebih lama adalah jerawat batu. Jerawat batu membutuhkan waktu pengobatan lebih lama disbanding dengan jerawat biasa. Hal yang paling utama adalah terjaganya kebersihan kulit wajah dan tubuh. Berikut ini tips alami mengatasi jerawat batu :

Buah tomat

Buah tomat biasa juga digunakan sebagai sayuran selain juga baik untuk kesehatan. Buah tomat sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat batu. Buah ini mengandung vitamin A, B1, C, zat besi, kalsium, dan belerang. Caranya juga sederhana yaitu cukup memotong – motong buah tomat, kemudian gosokkan pada wajah yang terkena jerawat batu. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu.

Buah jeruk nipis

Siapa yang tak mengenal buah penuh manfaat seperti jeruk nipis. Selain sebagai sumber vitamin C yang baik bagi kulit dan tubuh. Caranya adalah ambil sari jeruk nipis 1 buah kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu. Campur hingga merata setelah itu oleskan pada wajah, gunakan sebagai masker selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dilanjutkan bilas dengan air dingin. Lakukan rutin setiap malam.

Daun papaya

Daun pepaya muda sering digunakan sebagai sayur atau lalapan segar. Untuk mengatasi jerawat batu maka yang dibutuhkan adalah 2 lembar daun papaya tua, jemur hingga kering, kemudian haluskan ditambah dengan 1 sendok makan air hangat. Oleskan pada wajah 2 kali dalam seminggu secara teratur. Gunakan selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Kentang

Kentang mengandung alkali yang mampu mengeluarkan minyak yang tersumbat di pori-pori kulit. Caranya juga mudah yaitu iris kentang, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat selama 30 menit, bilas dengan air hangat dilanjutkan dengan bilas air dingin.

Telur

Telur mengandung protein tinggi yang baik dikonsumsi setiap hari. Selain baik untuk kesehatan juga baik untuk perawatan kecantikan. Untuk mengatasi jerawat batu gunakan putih telur, dicampur dengan madu dan oleskan pada wajah sebagai masker selama 5 hingga 10 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

Tips alami mengatasi jerawat batu di atas dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda dan mudah terjangkaunya bahan tersebut. Hal yang paling utama menghindari atau mengatasi timbulnya jerawat adalah selalu menjaga kebersihan wajah khususnya di malam hari sebelum tidur. (Artikel by Christin/Foto : Mayra S)