Puluhan Penari Angguk Ramaikan Pembukaan FKY Kulon Progo

kemeriahan pembukaan FKY 26 Kulon Progo

kemeriahan pembukaan FKY 26 Kulon Progo

Pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) dibuka dengan penampilan tarian Angguk. Tarian Angguk ini merupakan tarian khas kabupaten Kulon Progo yang dimainkan oleh para perempuan muda. Tari yang mirip dengan tari Dolalak asal kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini diciptakan pada tahun 1950 tarian ini dimainkan oleh pemudi dalam rangka syukuran paska panen yang telah dilakukan.

Acara yang mengambil tempat di alun-alun kota Wates kabupaten Kulon Progo ini sukses menyedot perhatian penonton. Hal ini terlihat dari berjibunnya penonton yang memadati jalan di alun-alun kota Wates kemarin (29/8/2014).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Eko Widodo, mengatakan bahwa acara pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) di Kulon Progo ini adalah bentuk sinergitas budaya yang terjalin serta menguatkan DIY sebagai daerah yang memiliki kebudayaan lokal. Kulon Progo yang merupakan salah satu kabupaten di DIY juga berperan aktif dan mempunyai seni yang khas salah satunya seperti tarian Angguk yang dimainkan pemudi-pemudi Kulon Progo.

Acara ini juga dimeriahkan dengan Gejok Lesung serta menyanyikan jingle Kulon Progo Binangun, selain itu pula penampilan selanjutnya dimeriahkan oleh kesenian dari berbagai kecamatan yang ada di Kulon Progo diantaranya Galur dengan Reog, Temon dengan tari Incling, Kalibawang dengan Hadroh dan masih banyak penampil dari berbagai kecamatan yang ada di Kulon Progo.

(oleh : Hanung H)