Perkemahan Sabtu Minggu Kwartir Ranting Playen Gunungkidul

Acara pelepasan peserta persami oleh ketua kwartir

Acara pelepasan peserta persami oleh ketua kwartir

Masih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 69, sebuah acara persami (red.perkemahan sabtu minggu) dilaksanakan oleh ratusan peserta di lapangan Cemoro jajar, Ngunut, Playen gunungkidul pada 23-24 agustus 2014 yang lalu diikuti dengan antusias oleh para siswa dan juga pembimbing yang hadir.

“Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi” adalah tema yang di usung dalam kegiatan kali ini yang diselenggarakan oleh organisasi pramuka Kwartir ranting playen yang memiliki motto “ dengan semangat kepramukaan kita bangun pendidikan yang berkarakter guna memperkokoh jati diri bangsa”. Hal ini diungkapkan oleh Ketua kwartir ranting playen, Bapak Winarto S.Pd yang adalah juga kepala UPT TK dan SD dari Kecamatan Playen.

 “Upaya penguatan dan pengembagan kebudayaan di kalangan muda, mendorong terbentukya apresiasi dan toleransi atas keragaan budaya bangsa, mampu berperan aktif dalam mencintai organisasi kepanduan, mengembangkan minat bakat melalui berbagai kegiatan kreatifitas serta tak lepas mengenalkan pada anak tentang lingkungan berikut bagaimana cara melestarikan dan menjaga adalah salah satu hal yang kita bawa dalam kegiatan ini”, lanjut Bapak Winarto S.Pd di sela-sela kegiatan.

acara persami yang juga terdapat berbagai kegiatan lomba di ikuti oleh sebanyak 34 regu penggalang putra , 32 regu penggalang putri yang dalam setiap regunya beranggotakan 8 penggalang serta tak kurang dari 30 pembimbing yang ikut serta di dalamnya.

Kegiatan-kegiatan lain yang ada seperti lomba baca puisi perjuangan, giat mocopat, giat prestasi menggambar wayang, giat prestasi pidato bahasa jawa, giat prestasi pengenalan pakaian adat jogja semakin menyemarakkan acara perkemahan.

Tri Wahyudi, salah satu siswa dari dari Pangkalan SDN Bleberan yang ikut sebagai peserta pembaca mocopat, menyatakan rasa senangnya bisa mengenal tradisi jawa lebih banyak.

Hal senada juga dikatakan oleh Amelia dari pangkalan SDN Bulu, Playen yang menyatakan kesannya pada acara ini dan ingin ikut lagi bila acara ini diadakan kembali.

(Foto dan Artikel : Kontributor YB. Priyo)