Perayaan HUT RI Ke 69 Brisbane – Australia

Peserta dengan kostum tokoh pewayangan "Anoman" yang hadir juga dalam perayaan HUT RI

Peserta dengan kostum tokoh pewayangan “Anoman” yang hadir juga dalam perayaan HUT RI – Brisbane

Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 69 tak hanya dilaksanakan di negara sendiri, namun juga oleh warga negara yang di luar negeri. Di Brisbane – Australia, HUT RI juga diadakan oleh PPIA(Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia) yang juga bekerjasama dengan PIQ (Perhimpunan Indonesia Queensland).

Upacara 17-an tepat dimulai pukul 10.00 (17/8/2014, waktu Australi)yang dihadiri oleh para pelajar dan juga warga masyarakat Australia yang menikah dengan warga Indonesia. Rombongan Kepala sekolah dari Surabaya yang berada disini selama satu bulan juga mengikuti upacara bendera.

Beruntung juga di tahun 2014 ini mereka mendapat sponsor dari Garuda Indonesia yang memberi cindera mata sangat menarik berupa topi dan kaos (t-shirt) yang semuanya dari garuda Indonesia. Undian Tiket gratis Pojok Lawak Pesta Rakyat Brisbane- “Mesakke bangsaku World tour” yang adalah sebuah event Stand up Comedy special oleh Panji pragiwaksono (23 Agustus) juga buku serta tiket dan hotel secara gratis di Bali selama 3 malam. Hadiah-hadiah ini di laksanakan setelah upacara dan tentu saja hanya bagi mereka yang ikut merayakan upacara 17 Agustus dalam acara kali ini.

Sementara itu dilantai dasar sudah tersajikan dengan rapi. Bazaar ala Indonesia/Australia.Stand batik ,makanan mentah, minuman, informasi acara untuk bulan September juga ada. Makanan ala Makasar yang terkenal dengan sup iganya,pisang hijau.Masih stand lain: Sate ayam dengan lontongnya, mie bakso, Mie kuah, nasi komplit, kue kering dan banyak jenis lainnya yang siap untuk dibawa pulang ataupun dinikmati ditempat. Stand Kopi dengn mobilnya yang sudah didesign sedemikian rupa juga ada,menjajikan kopi panas,Coklat panas, Teh panas. Suasana membaur sangat menyenangkan dan mereka duduk sambil menikmati makanan ataupun minuman yang sudah dibelinya.

Seiring dengan gerakan mulut yang memakan ataupun minum,mereka juga disuguhi dengan Tarian ala Minang, Tari Ondel-ondel, Tari Merak dengan kelompok yang menamakan dirinya Seharum Nusantara. Memang kelompok tarian ini sangat aktif untuk menunjukkan tarian dari Nusantara, penarinya tak hanya dari indonesia saja tetapi juga ada yang dari Austrlia. Tari Poco-Poco juga mewarnai meriahnya siang itu. Buaya Kroncong Brisbane dengan 8 personilnya melantunkan beberapa buah lagu yang sangat mendayu dan sudah terkenal sehingga yang hadirinpun bisa mengikutinya.

Foto bersama dalam perayaan HUT RI 69 - Brisbane

Foto bersama dalam perayaan HUT RI 69 – Brisbane

Beberapa cabang lomba pun tak luput menjadi acara yang meriah dan menarik seperti, memasukkan pensil kedalam botol, makan kerupuk, melangkah bersama alias berjalan diatas bakiak panjang dengan 2-3 orang juga mewarnai meriahnya perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.

Perlombaan sore itu ditutup dengan main volley ball bersama,team putri Indonesia dikalahkan oleh team Philipina 2-0.Team putra yang diperkuat oleh penulis ini juga gagal untuk memenangkan dari team yang kuat dari Myanmar dengan kedudukan 2-3.

 Nantikan oleh-oleh dari negeri seberang,Karena perayaan masih mengalir alias belum selesai.Lomba volley ball rencananya masih dilanjutkan minggu depananara Indonesia,Myanmar,Philipina dan Malaysia.Pertandingan Badminton, Pingpong masih berlanjut. Tak kalah serunya tanggal 24 Agustus nanti 12 orang akan melaut untuk berunjuk kesehatan (siapa yang tidak mabuk laut) bakal bisa memancing ikan Selama 9 jam.

 IndOz atau Indonesia-Ostralia tanggal 30 Agustus 2014 juga akan merayakan kerjsamanya yang diwujudkan dalam ruang bisnis makanan maupun keseniaannya. Puncak acara “Pesta Rakyat” akan diadakan tanggal 14 bulan September dengan julukan “ Gapuranesia” Discover the Undiscovered.

(artikel dan foto : A. Yogiyono – Brisbane-Australia)