Mendeteksi Kesehatan Dari Kondisi Kaki

ilustrasi kesehatan

Apa yang ada pada diri manusia sebenarnya sudah mempunyai fungsi yang saling berkaitan satu dengan yang lain. Untuk mendeteksi kesehatan tubuh bisa dilihat dari warna kuku, kondisi kulit, mata, lidah dan kaki. Kaki merupakan tumpuan tubuh dan ketika lelah tak heran jika kaki dipijat dapat mengurangi rasa lelah tersebut. Berbagai penyakit yang muncul saat ini alangkah baiknya juga sudah bisa dideteksi dini agar lebih baik dalam penyembuhan dan perawatan. Berikut ini cara mendeteksi kesehatan dari kondisi kaki :

Kaki kram

Kaki yang sering mengalami kram sebenarnya tubuh sedang mengalami dehidrasi, kekurangan gizi atau kelainan syaraf. Alangkah baiknya jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, asupan kalium, magnesium dan kalsium terjaga dengan baik. Untuk mengatasi kaki kram, Anda cukup merendam di air hangat dan kaki kembali normal.

Kaki dingin

Kondisi kaki yang selalu dingin merupakan tanda hipotiroid. Untuk usia di atas 40 tahun tiroid akan berkurang tanpa disadari.

Kulit kaki gatal dan mengelupas

Kondisi ini bisa terjadi karena adanya infeksi jamur. Gunakan obat kulit agar cepat diatasi.

Kuku kuning

Kuku yang tidak diwarnai namun terlihat kuning bisa terjadi karena factor usia dan juga bisa terjadi karena adanya infeksi kuku serta jamur.

Nyeri pada tumit

Apabila saat bangun tidur atau duduk Anda merasa nyeri pada tumit itu bisa terjadi akibat terjadi penegangan ligament pendukung postur kaki.

Luka yang tidak kunjung sembuh

Kondisi seperti ini bisa terjadi akibat adanya gejala diabetes, kadar gula dalam darah tidak terkontrol dengan baik sehingga menyebabkan kerusakan pada syaraf kaki. Luka yang tidak kunjung sembuh ini juga bisa dideteksi sebagai kanker kulit. Virus melanoma bisa muncul kapan saja di sela-sela jari.

Jempol kaki bengkak

Jempol kaki yang membesar , persendian menjadi merah, panas dan nyeri ini bisa dideteksi adanya peradangan dalam tubuh. Atau terjadinya inflamasi, infeksi atau trauma.

Cara mendeteksi kesehatan dari kondisi kaki ini bisa Anda amati sendiri setiap harinya. Jika ada perubahan dan kondisi kesehatan menurun ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat. (Christin/berbagai smbr)