Kethoprak Putri LKS Asyidiqqiyah tampil menarik

Penampilan group kethoprak putri LKS

Penampilan group kethoprak putri LKS

Sebuah acara menarik digelar di dusun Gunung Rego, Hargorejo, Kokap semalam (senin, 4/8/2014) dalam rangka syawalan juga menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke 69. Acara syawalan yang dilanjutkan dengan berbagai sajian atraksi seni tradisional seperti tampilnya group kethoprak putri LKS Asyidiqqiyah, Langen Ardhi Budoyo, dan lainnya.

Acara yang diadakan oleh karang taruna “Cakra” bekerja sama dengan Lembaga Kesejateraan sosial Asyidiqqiyah yang beralamat di sermo tengah, hargo wilis kokap serta beberapa group kesenian lainnya yang diasuh oleh Bapak Muhammad Tulus.

Meski berada si sebuah desa dengan letak daerah yang bisa dikatakan jauh dari jalan utama kota namun terlihat antusias para penonton yang datang dari berbagai tempat di sekitar dusun ini bahkan ada yang datang dari luar desa.

penampilan group kesnian tradisioanal lain di acara pentas seni

penampilan group kesenian tradisional lain di acara pentas seni

Salah satu yang menarik dari pentas seni ini adalah tampilnya kelompok kethoprak yang anggota pemainnya seluruhnya wanita. Pemain gamelan atau waranggono juga sebagian wanita namun sangat piawai dalam memainkan alat musik tradisional ini. Mengiringi setiap lakon yang diperankan para pemain ketoprak. Semalam tadi ketoprak putri ini membawakan sebuah cerita yang menggambarkan tentang kedurhakaan anak kepada orang tuanya, yang berakhir dengan pertobatan sang anak.

Di sela-sela acara yang berlangsung, Bapak Muhammad Tulus mengatakan tentang berbagai aktifitas yang beliau lakukan dalam kerangka seni dan kebudayaan. Menurut penuturan beliau ini adalah salah satu bentu dukungan akan potensi-potensi anak muda yang bisa ditempa sejak kecil. Hal ini yang akan membuat seni dan budaya tidak akan terlupakan melainkan terjaga dengan baik.

Ketoprak LKS. Asyidiqqiah ini sendiri memang belum cukup lama berdiri namun telah melakukan beberapa pertunjukan sehingga siap mendukung berbagai acara apa saja bila mendapat undangan. Dengan menghubungi kontak 081328809455.

Bapak Adi Suwarno yang mengurus kostum serta rias di berbagai acara juga memberikan komentarnya bahwa meski belum lama berdiri sebagai group kethoprak namun anak-anak dalam group ini mampu membawakan cerita dengan baik. Anak-anak yang bermain cukup diberikan garis besar cerita dan mengembangkan sendiri saat berpentas.

Salah satu group yang cukup menarik dan inspiratif kiranya bagi masyarakat saat ini untuk berkreasi, saat seni dan budaya semacam kethoprak sudah sangat jarang ditemukan. (artikel dan foto : tw)