HUT RI Ke-69 : Seribu Bendera Dikibarkan Di Kaliadem Merapi

Pelaksanaan Upacara 17 Agustus di Kliadem

Pelaksanaan Upacara 17 Agustus di Kaliadem

Pengibaran 1000 bendera merah putih yang dilakukan oleh Komunitas dan Relawan yang tergabung dalam Seribu Cita Satu Indonesia sukses dilaksanakan di bekas Bunker Kaliadem, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Pengibaran 1000 bendera merah putih ini dilakukan untuk memperingati HUT RI ke-69 yang tepat jatuh pada hari Minggu (17/8).

Sebagai puncak acara dalam pengibaran 1000 bendera ini dilakukan upacara bendera tepat pukul 10.00 WIB atau detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI. Selain itu pula pengibaran 1000 bendera merah putih ini juga sukses menyita pengunjung dan wiatawan baik luar dan dalam negeri yang sedang mengunjungi objek wisata Bunker Kaliadem.

Ketua Koordinator Komunitas dan Relawan Seribu Cita Satu Indonesia, Markus, menjelaskan bahwa acara yang digelar di bekas Bunker Kaliadem ini untuk memperingati HUT RI ke-69. Dirinya juga menambahkan sengaja memasang 1000 bendera merah putih ini agar mengingatkan diri kita bahwa kita mempunyai bangsa yang besar dan juga beraneka ragam. Tentang pemilihan tempat di Bunker Kaliadem, dirinya menjelaskan ingin kembali menumbuhkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Kaliadem.

“acara pengibaran 1000 bendera di Kaliadem ini adalah gagasan dari teman-teman relawan dan komunitas yang tergabung dalam Sribu Cita Satu Indonesia, acara ini bertujuan untuk mengibarkan bendera merah putih dengan jumlah seribu bendera dan juga akan melaksanakan upacara bendera di kawasan Kaliadem pada detik-detik Proklamasi yang jatuh pada tanggal 17 Agustus pukul 10.00 WIB. Acara ini sengaja mengambil tempat di Kaliadem karena teman-teman ingin menumbuhkan minta wisatawan untuk mengunjungi kawasan ini mengingat dahulu tempat ini terkubur oleh material Merapi pasca erupsi Merapi tahun 2006 dan 2010” terangnya.

pengunjung melihat 1000 bendera yang dikibarkan

pengunjung melihat 1000 bendera yang dikibarkan

Bagyo, Warga Yogyakarta yang sengaja datang bersama keluarganya mengunjungi kawasan Wisata Kaliadem ini untuk menyaksikan pengibaran 1000 bendera merah putih ini mengaku bahwa dirinya merasa bangga serta mengharap acara serupa dapat dilakukan di berbagai tempat di Yogyakarta.

“saya sengaja datang dengan keluarga sekitar pukul 08.00 WIB karena untuk menyaksikan pengibaran 1000 bendera ini. Saya merasa bangga melihat bendera merah putih banyak berkibar disini, ini acara bagus sekali karena akan memupuk rasa nasionalis dan patriotisme” terangnya lebih lanjut.

(Fotografer dan Artikel : Hanung H)