FKY 2014 : Ribuan Pasang Mata Hadir Di Pembukaan FKY

Penampilan peserta FKY 2014 yang di abadikan fotografer Rovie tavare

Penampilan peserta FKY 2014 yang di abadikan fotografer Rovie tavare

Ribuan orang tumpah ruah di sekitaran Monumen Tugu Yogyakarta (20/8/2014) kemarin. Orang-orang ini memang sengaja datang untuk menyaksikan pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta 2014 yang ke 26. Acara yang diawali dengan kirab seni yang kemudian dilanjutkan acara pembukaan.

Rute kirab di sepanjang jalan Sudirman, Tugu dan Jl. Margo Utomo (Jl. Mangkubumi) ini di ikuti oleh berbagai perwakilan dan juga komunitas yang ada di kota Yogyakarta. Tercatat dalam kirab seni ini diikuti oleh 25 kontingen dari komunitas kebudayaan dari kabupaten-kabupaten di DIY, papermoon Puppet Theatre, 26 angkringan, jampi gugat dan juga komunitas sepeda onthel podjok djogja.

Tampil juga kendaraan-kendaraan berhias yang menarik, Kelompok jathilan rampak galuh dari kulon progo dengan topeng-topeng buatan yang khas, dan juga masih banyak yang lain yang tak urung menarik decak kagum penonton.

Acara yang sangat meriah dan menarik jutaan pasang mata dari kalangan masyarakat, pewarta, fotografer dan masih banyak lagi yang ingin datang untuk menyaksikan atau mengabadikan moment yang memang telah di umumkan sebelumnya di berbagai media yang ada. Sebuah kegiatan yang memang dinanti tak hanya masyarakat di Yogyakarta saja namun juga dari kota-kota lain yang secara khusus datang ke acara ini.

Acara kirab seni yang di mulai kurang lebih pukul 15.30 Wib ini di buka secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta, GBPH. Yudhaningrat.

Acara dengan yang mengambil tema “Dodolan” ini akan diadakan dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 9 Sepetember 2014 yang akan datang. Jadi bagi Anda yang ingin menyaksikan kekayaan seni budaya dan kreatifitas yang ada masih ada banyak kesempatan tentunya.

(Fotografer : Rovie Tavare / artikel : tw)