3 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

manfaat buah salak

Di bumi nusantara tercinta ini banyak kita temui berbagai buah-buahan yang memang bermanfaat bagi tubuh, kecantikan dan kesehatan. Buah secara umum merupakan sumber vitamin C yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu buah yang juga mempunyai manfaat adalah buah salak. Buah ini biasanya berisi 2 atau 3 biji dengan kulit berwarna coklat kehitaman tergantung jenis salaknya. Buah ini bisa ditemui di berbagai macam tempat seperti pasar tradisional, toko buah dan pasar modern. Buah salak bisa kita dapatkan dengan harga yang terjangkau. Buah ini juga bisa diolah menjadi manisan, keripik dan dikonsumsi langsung.

Ada 3 manfaat buah salak untuk kesehatan antara lain:

Berfungsi untuk menjaga kesehatan mata

Buah salak mengandung betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Apabila dibandingkan dengan buah mangga dan salak, kandungan betakaroten buah salah lebih banyak 5,5 kali lipat.

Berfungsi untuk mengatasi diare

Buah salak mengandung serat tinggi sehingga baik untuk memperlancar proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Ketika mengalami diare buah salak ini dapat dikonsumsi secara langsung untuk mengatasi diare.

Berfungsi untuk membantu program diet

Buah salak baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani proses penurunan berat badan atau diet. Buah ini mengandung fitonutrien yang dapat membantu program diet. Selain itu kandungan serat tinggi pada salak dapat memberi efek rasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol porsi makan Anda. Buah salak juga mengandung vitamin C yang baik untuk proses diet.

Meski buah salak bermanfaat bagi kesehatan tubuh tetapi ada baiknya Anda juga tetap mengatur porsi makan agar tubuh tetap sehat. Selain itu saat Anda mengkonsumsi buah salak biarkan kulit ari yang membungkus buah salak dibiarkan saja tanpa harus dikelupas. Kulit ari dari buah salak ini juga mengandung serat yang tinggi. 3 manfaat buah salak untuk kesehatan di atas dapat Anda gunakan sebagai tambahan informasi menjaga kesehatan tubuh Anda. (christin/berbagai smbr)