11 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Ilustrasi tips menjaga kesehatan tubuh

Ilustrasi tips menjaga kesehatan tubuh

Kesehatan tubuh manusia itu memang sangat diwajibkan terutama bagi wanita. Banyak ornag yang mengatakan wanita itu sulit merawat diri, namun tak semua wanita sulit merawat diri. Jika dia memang sangat memperhatikan lingkungannya, pasti dia akan menjadi sehat dan selalu mempesona pada semua orang yang ada didekatnya. Kesehatan tubuh itu nomor satu, karena kita tak akan bisa bekerja atau melakukan aktivitas lainnya tanpa kesehatan tubuh kiat. Maka dari itu saya mengajak Anda untuk tetap sehat disetiap hari Anda dan lebih menimbulkan aura positif yang ada pada diri Anda baik pria maupun wanita pada khususnya ;

1. Mandi minimal 2 sampai 3 kali sehari. Karena mandi adalah   membersihkan tubuh dari kuman-kuman yang ada, jika tubuh Anda sering mengalami gatal-gatal pada bagian kulit, maka gunakan sabun kesehatan bukan sabun mandi kecantikan.

2. Setiap mandi, jangan lupa bersihkan seluruh tubuh hingga merata, termasuk sela-sela jari, siku dan lutut. Karena orang yang pemalas akan sulit sekali membersihkan bagian-bagian tersebut. Walau itu area terpencil, maka itulah biasanya sarang kuman yang ada disekitar Anda. Jadi jika terjadi gatal disela-sela jari jangan menyalahkan keadaan, karena anda yang tak bisa hidup bersih dan menjaga diri. Dan jangan lupa gosok gigi ya, sehari 3 kali. Pagi, sore dan sebelum tidur. Agar terhindar dari sakit gigi ataupun gigi keropos saat kuman bereaksi pada malam hari atau makan-makanan yang manis-manis. Kemudian bersihkan kuku tangan dan kaki dengan menyikatnya agar tidak terdapat kotoran yang hitam menempel di kuku yang tak lama dibersihkan

3. Sesering mungkin gonta ganti pakaian, sehari sekali atau paling lama 2 hari sekali. Karena takut terjadi alergi pada keringat atau debu yang sering menempel dibagian pakaian itu kemudian masuk ke tubuh kita.

4. Sesering mungkin mengganti sprei tempat tidur Anda, karena itu juga termasuk sarang kuman ketika Anda sedang tidur.

5. Jaga kebersihan kamar, karena orang sehat itu adalah orang yang bersih dari kuman-kuman.

6. Jika keluar rumah menggunakan kendaraan bermotor gunakan masker penutup wajah agar terhindar dari debu yang mematikan pernafasan Anda sampai sesak nafas dan seringnya sakit flu karena udara kotor.

7. Jika kulit Anda kering, gunakan lotian yang melembabkan kulit tubuh Anda, karena kekeringan pada tubuh bisa menyebabkan gatal-gatal apalagi jika Anda sering berada diruangan ber-AC. Kemudian gunakan lulur mandi minimal seminggu 2 kali, agar terhindar dari kekasaran kulit yang kering, atau menghindari flek hitam karena sinar matahari yang sering kita temui. Sinar matahari juga bisa membuat kulit tubuh hitam, kusam dan kering.

8. Jangan lupa mengkonsumsi vitamin, entah vitamin kulit jika memang ingin awet muda. Atau yang lebih penting vitamin tubuh yaitu vitamin C. Banyak di area perdagangan sekarang yang memiliki sistem imun atau vitamin C yang banyak hingga 500 gram. Tapi hati-hati jangan mengkonsumsi vitamin kekebalan tubuh yang memiliki efek samping jika penggunaan jangka panjang.

9.Jangan lupa minum susu, karena susu bagi semua orang baik untuk tulang, semangat kerja, serta menambah kekebalan tubuh, dan kebugarannya. Usahakan minum sehari 2 kali pagi dan malam sebelum tidur.

10. Sempatkan waktu untuk olahraga, minimal seminggu sekali atau 2 kali. Atau olahraga renang. Karena olahraga renang baik untuk tubuh dan penapasan, karena ketika kita berenang, maka semua otot tubuh akan bergerak semua. Terutama bagian kaki dan tangan.

11. Bertemanlah dengan orang-orang yang sehat, jika memiliki teman yang sering terserang penyakit, ditakuti akan menular pada diri Anda, terutama flu atau batuk. Bukan berarti memilih dalam berteman namun menghindari sesaat jika dia sedang sakit mungkin lebih baik. Cukup mendoakannya agar cepat sembuh atau menjenguknya dengan baik.

 Semoga bermanfaat guys. (artikel : Khodijah)