Wisata Alam : Pesona Grojogan Sewu

Grojogan Sewu, Fotografer: Yuko S

Grojogan Sewu, Fotografer: Yuko S

Masih tentang tempat wisata yang akan terus kita gali dari berbagai tempat di Nusantara, berikut ini kita akan mengikuti perjalanan wisata reporter Yuko Siswanto di sebuah desa yang memiliki obyek wisata cukup menarik untuk kita kunjungi. Berikut liputannya untuk Anda sahabat teras.

Grojogan Sewu Kulon Progo, begitu orang mengenal sebuah obyek wisata air tejun ini. Sebuah wahana wisata baru yang terletak di dusun Beteng, desa Jatimulyo, kec. Girimulyo, kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta. Belum begitu banyak orang datang mengunjunginya mengingat keberadaan tempat ini yang masih belum mendapatkan pengelolaan yang seperti obyek wisata yang telah terkenal tentu saja.

Untuk sampai ke tempat ini kita akan memulai perjalanan dengan rutenya dari pusat kota dengan mengambil titik pertama Tugu Yogyakarta agar memudahkan menemukan obyek wisata menarik yang satu ini.

Dari yogyakarta saya menempuh rute perjalanan menuju ke arah godean, terus saja hingga sampai perempatan Kenteng, setelah perempatan Kenteng terus saja menuju barat dengan jalan menanjak dan pemandangan elok disebelah kanan-kiri yang berupa persawahan yang sangat luas, setelah itu akan menemui tanjakan ringin (begitu menyebutnya), terus saja hingga menemukan pasar kecil sebelum naik menuju Goa Kiskendo ada palang kecil disebelah kiri bertuliskan ‘Grojogan Sewu’, ikuti saja jalannya hingga masuk jalan kecil dengan kondisi jalan yang cukup buruk hingga sampai lokasi.

Sesampainya dilokasi, kendaraan bisa diparkir dirumah penduduk (minta ijin dahulu) dan untuk mencapai Grojogan Sewu, harus berjalan melewati jalan turunan sekitar 15 menit dengan medan yang cukup mudah karena sudah dibuat anak tangga buatan oleh warga sekitar hingga menuju lokasi.

Dari sinilah rasa lelah perjalanan dan bayangan sebelumnya terobati oleh pemandangan jernih airnya. Membuat ingin segera bermain air di kolam alami untuk hanya sekedar bermain air atau bisa digunakan untuk mandi menjadikan banyak pilihan untuk melepas lelah.

Akses jalan Masuk Grojogan sewu, Fotografer: Yuko S

Akses jalan Masuk Grojogan sewu, Fotografer: Yuko S

Kekurangan dari Grojogan Sewu Kulon Progo  :

Apabila Anda mempunyai keinginan menuju ke tempat ini, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan mengingat akses jalan menuju ke tempat wisata yang satu ini masihlah buruk untuk dilalui. Tak cukup ini saja, di tempat wisata yang memang belum banyak dikanal ini belum tersedia adanya sarana seperti kamar mandi, tempat sampah, dan lainnya.

Perlu juga Anda siapkan bekal apabila Anda ingin berlama-lama di tempat wisata grojokan sewu ini mengingat belum ada warung-warung yang akan mencukupi kebutuhan konsumsi Anda.

Pintu gerbang grojokan sewu, Fotografer : Yuko S

Pintu gerbang grojokan sewu, Fotografer : Yuko S

Kelebihan dari Grojogan Sewu Kulon Progo :

Kejernihan air yang masih alami, pemandangan yang masih indah dengan rerimbunan pepohonan yang masih ada disekitar obyek wisata adalah nilai positif. Hal ini juga “bisa jadi” karena belum adanya banyak pengunjung yang datang. Nampak dari tidak saya temukan pengunjung lain di hari sabtu yang biasanya akan ada banyak wisatawan yang datang dalam bayangan saya.

Untuk masuk ke tempat ini juga belum ada retribusi atau tiket masuk juga parkir sehingga kita bisa dengan mudah meminta ijin pada masyarakat sekitar untuk menitipkan kendaraan dengan nyaman serta mendapat keramahan tersendiri.

Sebuah wahana wisata baru yang saya kunjungi untuk angkat dan perkenalkan kepada sahabat teras dengan harapan akan muncul pengelolaan yang lebih baik tanpa menghilangkan kearifan-kearifan lokal seperti keramahan di dalamnya. Berharap pada akhirnya tempat wisata ini di kenal dan memberi alternatif mengembangkan ekonomi masyarakat yang ada disekitarnya. Dan tentu saja para wisatawan yang datang turut juga menjaganya.

(artikel dan foto : Yuko S / Editor : chipriant)