Menu Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa

menu sehat

Bagi umat muslim bulan Ramadan merupakan bulan suci yang selalu dinanti. Berpuasa satu bulan penuh dan menutupnya dengan Hari Raya Idul Fitri. Selama bulan Ramadan biasanya keluarga bersantap bersama saat sahur dan berbuka puasa. Menu buka puasa inilah yang mesti diperhatikan agar tubuh selalu terjaga kesehatannya.

Berpuasa satu hari penuh membuat tubuh kekurangan cairan dan asupan nutrisi. Oleh karena itu penting sekali untuk memperhatikan lima unsur gizi yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral.

Pentingnya memperhatikan menu saat sahur dan berbuka puasa adalah menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal, menjaga tubuh agar selalu fit meskipun sedang berpuasa.

Sahur sangat penting diperhatikan sebagai cadangan energi selama menjalankan puasa. Saat sahur yang baik bagi kesehatan tubuh adalah air, vitamin, karbohidrat, buah dan sayuran. Saat sahur Anda bisa mengganti sumber karbohidrat dari nasi putih dengan nasi merah atau gandum utuh. Makanan ini kaya serat dan membutuhkan waktu lebih lama dicerna sehingga dapat dijadikan sebagai cadangan energi saat berpuasa. Sumber protein seperti daging, ikan dan susu rendah lemak juga merupakan menu sahur yang diperlukan oleh tubuh. Susu selain menyehatkan tubuh juga dapat memperkuat tulang. Sedang buah dan sayuran yang baik saat sahur adalah buah yang kaya akan serat tinggi sehingga dapatmembantu proses metabolisme dalam tubuh. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih saat sahur.

Sedangkan menu buka puasa yang sehat adalah serat, karbohidrat, protein dan air. Berbuka puasa seperti banyak dilakukan adalah berbuka dengan yang manis. Tetapi sebaiknya Anda memperhatikan menu manis yang alami seperti air kelapa, kolak dengan menggunakan gula merah alami, jus buah tanpa gula. Mengurangi konsumsi gula pasir saat berpuasa dapat mengurangi kelebihan berat badan seusai bulan Ramadan serta gangguan kesehatan yang lainnya. Hindari pengolahan masakan menu buka puasa yang terlalu banyak minyak karena akan membuat Anda mengantuk saat menjalankan ibadah tarawih. Buka puasa sehat dapat juga dengan mengkonsumsi buah kurma dengan porsi yang wajar. Sumber karbohidrat saat berbuka puasa bisa dengan nasi merah, roti gandum yang kaya akan serat. Sumber protein dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, telur, ikan, daging sapi, daging ayam tanpa kulit. Hindari makanan yang dibakar agar tubuh Anda selalu sehat. Penuhi juga kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih untuk mengembalikan stamina tubuh setelah berpuasa seharian.

Bulan Ramadan dengan berpuasa sehari penuh merupakan bulan suci yang indah. Jaga selalu stamina tubuh saat berpuasa agar selalu terjaga kesehatan Anda. Menu sehat untuk sahur dan buka puasa di atas dapat Anda siapkan setiap harinya untuk keluarga tercinta. Jaga selalu stamina tubuh dan kesehatan Anda. (Christin)