Menjaga Kulit Tetap Cantik Saat Berpuasa

putri

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti kulit menjadi kusam tak terawat. Puasa secara tidak langsung merubah pola konsumsi makan. Kalau tidak diatur dengan baik dan benar justru menjadikan berat badan bertambah. Pola makan yang berubah saat menjalankan ibadah puasa tentu saja akan mempengaruhi kecantikan kulit dan kesehatan tubuh. Oleh karena itu ada baiknya memperhatikan menu-menu sehat saat sahur dan berbuka. Kulit tetap cantik saat berpuasa dapat Anda peroleh dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini :

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Saat sahur dan berbuka puasa penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih yang cukup. Di hari normal 8 gelas minimal sehari sedang pada saat puasa Anda bisa mencukupinya saat sahur dan berbuka.

Konsumsi sayur dan buah segar

Saat sahur dan buka sebaiknya Anda tetap mengkonsumsi sayur dan buah segar untuk menjaga metabolisme dan nutrisi penting untuk tubuh.

Mengkonsumsi yogurt

Yogurt merupakan sumber protein yang baik. Yogurt dapat Anda konsumsi sebagai camilan di malam hari setelah tarawih.

Hindari makanan yang mengandung minyak serta gorengan

Berbuka puasa biasanya banyak mengkonsumsi makanan yang tersedia di beberapa tempat. Namun ada baiknya Anda menghindari makanan yang terlalu manis dan atau makanan sejenis gorengan. Selain membuat Anda terasa ngantuk setelah berbuka juga mempengaruhi berat badan setelah menjalani ibadah puasa.

Gunakan riasan wajah natural

Saat menjalani ibadah puasa hindari pemakaian make up yang terlalu tebal. Gunakan riasan tipis serta natural agar penampilan Anda tampak cantik dan segar.

Bersihkan wajah dari sel-sel kulit mati

Saat menjalankan ibadah puasa terkadang wajah menjadi tidak terawat. Seimbangkan minyak di kulit wajah dengan membersihkannya di malam hari sebelum tidur dan gunakan pelembab yang natural.

Hindari sinar matahari langsung

Radiasi sinar matahari selain tidak baik bagi kulit juga bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam. Gunakan tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan hindari terpaan sinar matahari langsung.

Tetap lakukan kegiatan olahraga

Meski sedang berpuasa tak ada salahnya tetap seimbangkan tubuh dengan berolahraga ringan sebelum atau sesudah berbuka. Kulit akan tampak segar dan cantik jika tubuh mengeluarkan keringat secara sehat. Selain itu olahraga juga dapat mengurangi kadar garam dalam tubuh sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah.

Berpuasa tak menjadi halangan bagi Anda untuk tetap tampil cantik dan menawan. Kulit tetap cantik saat berpuasa bisa Anda peroleh dengan menjaga menu makan, merawat kulit tubuh baik dari dalam maupun dari luar. (Christin)