Mencegah Resiko Penyakit Pekerja Dalam Ruangan

ilustrasi

Saat ini bekerja merupakan aktivitas sehari-hari bagi masyarakat baik perempuan maupun laki-laki. Bekerja seharian di ruangan kantor bisa saja menimbulkan masalah pada kesehatan apabila tidak cerdas menyiasatinya. Berada pada ruangan ber AC selama sehari penuh dengan pekerjaan menumpuk bisa memicu naiknya berat badan karena efek dingin yang ditimbulkan bisa menyebabkan mudah lapar. Bukan hal baru jika di kantor selalu tersedia makanan camilan meski Anda membawa bekal sendiri sekalipun. Belum lagi jika ditambah seringnya mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Otomatis gula dalam tubuh naik dan bisa menyebabkan naiknya berat badan.

Selain bisa menyebabkan masalah pada kesehatan, bekerja di dalam ruangan selama sehari penuh setiap harinya juga bisa menimbulkan resiko penyakit. Kurang istirahat atau lelah saat bekerja dan seusai kerja dapat menyebabkan Anda terserang penyakit. Hal ini bisa terjadi bisa karena tempat kerja kurang sehat, ruangan yang tidak bersih, atau bisa juga disebabkan oleh kebiasaan buruk Anda sendiri seperti ngemil makanan berminyak dan berlemak. Ada beberapa tips mencegah resiko penyakit saat bekerja di kantor seperti :

Pastikan cahaya dan ventilasi dari kantor Anda layak :

Meja kerja yang dekat dengan jendela jauh lebih sehat disbanding sudut yang lainnya juga baik untuk kesehatan dan factor kenyamanan dalam bekerja.

Letakkan bunga atau tanaman dekat meja kerja Anda :

Tanaman atau dedaunan yang berada di sekitar meja kerja baik untuk menyerap polutan udara di ruangan yang terjadi karena udara yang tercemar oleh gas polutan berbahaya. Selain itu warna hijau dari tanaman dapat menghilangkan rasa lelah Anda sehingga saat Anda bekerja akan menjadi lebih nyaman.

Batasi penggunaan pendingin ruangan atau AC  :

Batasi penggunaan AC pada ruang kerja ANda agar kulit juga bebas dari keriput yang terjadi karena efek udara yang terlalu dingin.

Pastikan ruangan selalu bersih :

Ruang kerja yang sehat adalah ruangan yang bersih bebas dari kotoran dan bau yang tidak sedap. Selain nyaman untuk bekerja juga dapat meningkatkan semangat dalam bekerja.

Pastikan ruangan bebas dari asap rokok :

Asap rokok dapat menimbulkan bau yang kurang enak pada ruangan. Selain mengganggu kesehatan juga berpengaruh pada kulit yang mudah keriput.

Gunakan peralatan elektronik seperlunya :

Penggunaan computer atau barang elektronik lainnya sebaiknya dimatikan setelah tidak digunakan lagi. Selain ANda menghemat beban listrik di kantor juga menyehatkan tubuh Anda dan terhindari dari gelombang elektromagnetik yang cukup berbahaya bagi tubuh.

Hindari munculnya berbagai gejala penyakit ringan :

Terlalu lama di depan layar komputer dapat menyebabkan tubuh tidak sehat. Gejalanya bisa muncul rasa mual, sakit di leher, pundak atau kepala.

Sadari saat Anda lelah dan stress :

Banyaknya pekerjaan dan target yang dibebankan kepada Anda tidak mustahil membuat Anda menjadi lelah dan stress. Sadari saat tubuh dan pikiran Anda membutuhkan waktu untuk istirahat.

Berada di ruang kerja ber AC memang terasa nyaman, namun perlu tetap diwaspadai. Mencegah akan jauh lebih baik. Bekerja di kantor sekalipun tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk tetap berolahraga ringan agar tubuh tetap fit. Tips mencegah resiko penyakit saat bekerja di kantor dapat Anda jalani dengan ringan dan mudah. (Christin/berbagai smbr)