Membuat Penahan Joran

ilustrasi alat penahan joran

ilustrasi alat penahan joran pancing

Saat memancing di mana saja seringkali yang menjadi masalah adalah dimana kita akan meletakkan joran kita. Tidak mungkin tentunya kita akan terus memegangi joran kita, terkecuali bila kita memang yakin sambaran ikan akan selalu ada layaknya di kolam ikan. Itupun pasti ada saat kita meletakkan joran.

Resiko joran jatuh adalah salah satu hal yang harus para angler alami apabila hanya asal taruh. Ini bisa terjadi karena tidak adanya keseimbangan, tidak adanya tahanan atau juga bisa karena tarikan ikan. Beruntung bila ini berada pada tempat yang mudah digapai. Namun apabila tidak bisa jadi kita kehilangan joran tentu dengan senar dan realnya.

Berikut adalah cara untuk membuat tempat labuhan atau penahan joran kesayangan kita saat memancing yang semoga bermanfaat :

Bahan alami :

Bahan sandaran ini adalah bisa kita cari dari lubang batu, menancapkan ke tanah atau pasir. Ini memang tidak terlalu bisa diandalkan terkecuali memang pada posisi yang benar. Posisi benar itu adalah joran hendaknya menghadap langsung dengan posisi tegak atau agak condong sesuai arah senar. Pastikan joran tertahan pada posisi depannya dan pangkal joran berada pada sebuah tahanan pula.

Bahan ranting kayu :

Bahan ini bisa kita temukan saat memancing di sungai. Kita bisa mengambil dua sampai tiga batang kayu dan menyatukan ketiganya sampai membentuk sebuah sandaran pada bagian perilangan. Dalam keadaan ini joran akan berada dalam posisi miring. Sekali lagi arahkan ujung joran searah dengan senar senar. Agar lebih kuat kita bisa mengikat kayu-kayu pada persilangannya.

Bahan peralon :

Bahan ini yang biasa digunakan oleh para pemancing. Caranya adalah dengan memotong batang peralon sepanjang 40-50 centi meter. Kemudian salah satu ujungnya bisa dibuat lancip atau bisa juga tidak tergantung kesukaan. Cara menancapkan di pasir adalah dengan menacapkan lalu mencabutnya kembali untuk membuang pasir yang ada dalam peralon sehingga peralon bisa terbenam lebih dalam dan semakin kuat.

Bahan Besi :

Ada beberapa pemancing yang menggunakan batang besi ini sebagai alat menyandarkan joran. Caranya adalah dengan memotong batang besi dan membuat las berupa besi kolong (potongan besi bulat) sebagai penahan masuknya joran. Ini biasa digunakan pada medan-medan berbatu dan keras.

Demikian sahabat teras mancing, semoga artikel ini dapat membantu Anda saat mencari cara untuk meletakkan joran dengan aman. Dan andai tanpa alat sandaran pastikan joran Anda aman, mudah terjangkau tangan Anda dan berada dalam posisi yang baik untuk menahan sambaran ikan sehingga dapat terkait dengan mulut ikan secara benar karena ketegangan senar sangat berpengaruh. (chip)