Lebaran 2014 : Wujud Kerukunan Umat Beragama Dusun Gadingan

Perayaan sholat Ied

Perayaan sholat Ied

Peningkatan suhu politik dalam pemilihan presiden kali ini tidak menyurutkan warga dusun gadingan dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Hal unik ini terlihat saat pelaksanaan Sholat Ied pada hari raya Idhul Fitri (1 syawal 1435H) yang dilaksanakan di dusun gadingan tepatnya di lapangan gentan, sinduharjo, ngaglik, sleman (28/07/2014). Dimana warga non muslim dan pemuda pemudi katholik gadingan (Mudika Gadingan) ikut berperan serta dalam membantu pelaksanaan sholat ied agar berjalan lancar. Dari persiapan hingga pelaksanaan mereka ikut terjun langsung kelapangan. Terlihat disaat pelaksanaan sholat ied, warga dan mudika Gadingan membantu dalam mengatur kendaraan untuk parkir maupun mengurai kepadatan di area pintu masuk dan keluar kendaraan.

Menurut Evtantianus Valen (Ketua karang taruna gadingan), tradisi ini sudah dilakukan sejak tahun 2005, khususnya setiap ada pelaksanaan perayaan hari raya. Seperti halnya disaat perayaan natal dan paskah, pemuda pemudi Ikatan Remaja Masjid Gadingan (Irama Gadingan) pun turut serta membantu pelaksanaan. Dan Evtantianus Valen pun menuturkan bahwa dia bersama seluruh anggota karang taruna gadingan akan terus menjaga tradisi baik ini.

Saling menjaga perayaan hari raya idul fitri oleh warga non muslim

Turut menjaga perayaan hari raya idul fitri oleh warga non muslim

Sumber lain dari Danang Wijanarko sebagai salah satu pencetus ide ini mengatakan bahwa tradisi ini tercipta karena pada waktu dulu sebelum ada tradisi ini, saat perayaan terlihat beberapa umat tidak mengikuti ibadah karena menjaga dan mengurus parkir kendaraan saat pelaksanaan ibadah. Hal senada juga disampaikan Danang bahwa akan terus menjaga tradisi ini dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh baik bagi kampung atau desa lain.

(artikel & Foto : Tomy K Hendra)