Perayaan Peh Cun 2014

peh cun 2014

Ribuan pengunjung tumpah ruah di Pantai Parangtritis, Bantul kemarin (1/6/2014). Berbagai kegiatan digelar dalam rangkaian acara Peh Cun ke 14 pada tanggal 1-2 Juni 2014 dengan tema Warna-warni Peh Cun 2014.

Panasnya sinar matahari seolah tidak membuat bergeming para pengunjung yang datang untuk menyaksikan acara-acara yang dilakukan di Pantai yang memang selalu ramai di hampir setiap pekannya.

Acara peh Cun ini sendiri menampilkan beberapa kegiatan lomba mulai dari perahu naga yang berpusat di laguna Pantai Depok juga lion dance yang diikuti oleh 21 kelompok barongsai dari beberapa kota seperti Solo, Semarang, Kudus, dan Yogyakarta sendiri. Tak hanya ini saja panitia juga mengadakan berbagai lomba seperti lomba fotografi yang diabadikan selama kegiatan berlangsung, serta gelar lomba lukis yang diikuti oleh 150 peserta.

lomba lukis

Pada malam harinya diadakan lagi kegiatan-kegiatan lain yang pastinya menghibur masyarakat serta wisatawan yang kebetulan hadir ke pantai Parangtritis. Ritual Peh Cun serta upacara pelepasan lampion harapan dilakukan. Panitia juga menyediakan bagi para pengunjung yang ingin mendapatkan lampion dan menerbangkan dalam acara bersama dengan harga 25 ribu rupiah.

Dalam hal pariwisata ini tentu juga sebuah hal yang baik lantaran banyaknya pengunjung yang datang tentu akan menambah pemasukan Kabupaten ini, selain tentu juga pemasukan bagi para padagang dan pengelola di Paranngtritis. Ini nampak dari meriahnya para pedagang sampai dengan penuhnya parkiran dalam komplek pantai bahkan sampai jalan di luar.

Sebuah kegiatan serta ritual yang sarat dengan makna, budaya serta hiburan bagi banyak pihak untuk terus diabadikan sebagai salah satu kekayaan Nusantara yang bisa dinikmati oleh pengunjung baik lokal maupun internasional. (team tw)